Annisa Kartikasari – Nightlogin

Kegiatan ini diselenggarakan oleh BSO Nightlogin Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (KMTETI FT UGM). Susunan acaranya sebagai berikut :

Waktu

Acara

09.00

Open registration

10.00

Acara dimulai

10.00 – 10.30

Icebreaking MC dan game untuk peserta

10.30 – 11.30

Motivasi dari pembicara

11.30 – 12.00

Sesi Tanya jawab dengan pembicara

12.00 – 12.45

Ishoma

12.45 – 13.15

Hiburan (music show)

13.15 – 14.00

Talkshow

14.00 – Selesai

Serah terima jabatan kepengurusan Nightlogin 2010 ke 2011

 

Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu, 15 Maret 2014 di ruang E5 JTETI FT UGM, mulai pukul 09.00 hingga 14.00 WIB.

Kegiatan Gathering Akbar Nightlogin 2014 ini menghadirkan beberapa alumni dari program studi Teknologi Informasi, di antaranya Supradi Sitepu, Fikri Rahman, Rizqi Utama, Vicky Fazzlurahman dan Trias Nur Rahman. Sesi pertama merupakan sesi motivasi dari Mas Supradi Sitepu. Ia menyampaikan materi mengenai bagaimana seorang IT dapat menemukan passion mereka. Pada dasarnya dalam dunia IT terdapat 3 passion, yaitu :

  • Conventional
  • Solution
  • Entertainment

Ketiga poin di atas menjelaskan mengenai bidang inti yang ada di IT yang menjadi passion atau minat bagi seorang IT. Untuk conventional merupakan minat IT mengenai mengembangkan sitem konvensional atau tradisional yang sudah ada di masyarakat menjadi sebuah sistem yang berbasis IT, misalnya mengembangkan online shop. Dengan online shop, sesrorang dapat melakukan aktivitas konvensioanl yaitu berbelanja melalui sebuah sistem berbasis IT, salah satunya website. Lain halnya dengan seorang IT yang memiliki passion mengenai solution, dimana ia mendedikasikan ilmunya untuk menciptakan produk inovatif yang dapat menyelesaikan masalah di masyarakat, baik dalam skala besar maupun kecil. Sementara untuk passion entertainment seorang IT menyenangi dunia entertain atau hiburan, dimana ia akan sangat senang dan selalu berusaha menciptakan sebuah produk yang tujuannya untuk menghibur penggunanya, misalnya game atau aplikasi multimedia lainnya.

Menurut Mas Supra passion itu berarti mau menderita, mau bahagia, mau berjuang dan bahkan mau dipermainkan oleh segala keadaan dalam proses kita mengejar passion tersebut. Dalam berusaha menekuni dan mengejar passion, kita dituntut untuk jangan berfikir bahwa passion itu hanya untuk keuntungan diri kita pribadi saja, tetapi juga seluruh dunia, sehingga perlahan kita juga turut mensejahteraakan kehidupan manusia di bumi ini.

Mas Supra yang sekarang bekerja di Amagine, yaitu sebuah studio game, ia merasa bahagia karena itulah passion dia sejak kecil, entertainment. Ia bercita-cita bahwa Amagine dapat terintegrasi dengan mahasiswa, dimana Amagine sebagai media pembelajaran dalam pembuatan game bagi mahasiswa yang ber-passion di bidang tersebut.

Sesi kedua adalah talk show bersama empat pria hebat, yaitu Mas Trias, Mas Fikri, Mas Rizqi dan Mas Vicky. Kempatnya memiliki prestasi di bidang yang mereka geluti, seperti Mas Rizqi yang menjurai ajang Imagine Cup 2012 dengan aplikasi solusi, bernama Lexipal yang dapat membantu anak-anak penderita dyslexia agar lebih mudah dalam mempelajari alphabet. Lalu ada Mas Trias  yang sukses dengan web e-Mart nya.