Nourma Reizky Damayanti – Infokom

Apa sih passionmu? Apa passionku? Bagaimana caranya menemukan passion? Itulah pertanyaan yang akhir-akhir ini muncul di kalangan para mahasiswa. Banyak mahasiswa yang merasa kebingungan apabila seseorang menanyakan tentang passionnya, karena dirinya pun masih belum mengerti passion apa yang ia miliki. Atas dasar itulah Night Login mengadakan suatu acara yang mendatangkan beberapa pembicara untuk memotivasi para mahasiswa JTETI agar dapat yakin dan menemukan passionnya. Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2014.

Acara yang merupakan rangkaian serah terima jabatan Night Login 2014 ini mendatangkan beberapa pembicara yang sangat inspiratif, yaitu M.Fikri Ali Rahman dari Icon+, M.Risqi Utama dari NextIn Indonesia, Trias Nur Rahman dari eMart Indonesia dan Vicky Fazlurrahman serta Supradi Sitepu dari Amagine. Tema yang diangkat dalam gathering kali ini adalah Finding your Passion.

Kelima pembicara tersebut berbagi kisah mengenai passion yang mereka miliki dan bagaimana cara untuk menemukan passion. Passion bisa kita temukan ketika kita menjalani sesuatu hal dan kita menikmatinya. M. Risqi Utama menuturkan bahwa terkadang orang berpikir bahwa passion adalah ketika kita ahli atau expert dalam suatu. Padahal belum tentu hal yang kita bisa ahli di dalamnya tersebut adalah passion kita. Passion adalah dimana kita merasa enjoy dan bahagia ketika kita sedang menjalaninya. Terkadang passion bisa muncul secara tidak sengaja. Mungkin ketika kita menjalani suatu hal baru, seperti mata kuliah baru, kita merasa mata kuliah ini menarik dan merasa senang menjalani mata kuliah ini. Bisa jadi mata kuliah tersebut atau hal baru tersebut merupakan passion kita yang sebetulnya memang belum kita sadari seperti yang dialami oleh Vicky yang memiliki passion programming dan Fikri dengan passion networkingnya.

Passion bisa saja datang tidak terduga, tapi kita seharusnya tidak hanya diam untuk menunggu passion itu menghampiri kita. Ketika kita belum mempunyai passion, belum mengerti apa passion yang kita miliki, kita bisa mencarinya dengan mencoba banyak hal di sekeliling kita. Kita harus bisa membuka diri dengan lingkungan.

Namun, bagaimana jika kita telah melakukan banyak hal tetapi masih belum bisa mengenali passion diri sendiri? Sedangkan teman-teman kita telah selangkah lebih maju dengan passion yang mereka miliki. Lalu hal apa yang seharusnya kita kerjakan? Nikmatilah apa yang kamu lakukan. Cintailah apa yang kini kamu bisa lakukan. Love What You Do, Not Do What You Love. Mungkin apa yang kita lakukan kini adalah passion kita, hanya saja kita kurang mencintainya dan terlalu sibuk melihat sekitar kita. Para pembicara mengatakan bahwa hal sederhana yang bisa kita lakukan adalah berusaha mencintai apa yang kita lakukan sekarang. Sehingga kita bisa bahagia dan dapat bekerja maksimal dengan apa yang kita lakukan sekarang.