Kunjungan dan bakti sosial ke panti asuhan Bina Siwi yang dilaksanakan oleh departemen Humas KMTETI bertujuan untuk mempererat hubungan silahturahmi dan sarana berbagi bagi sesama. Panti asuhan ini merupakan panti asuhan binaan karena hampir setiap tahunnya kami selalu mengadakan kunjungan dan bakti sosial ke panti asuhan Bina Siwi. Panti asuhan Bina Siwi merawat saudara-saudara kita yang memiliki kebutuhan khusus (ABK) mulai dari keterbelakangan fisik, mental dan daya pikir.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 27 April 2014. Seperti kegiatan bakti sosial sebelumnya, kami melakukan penggalangan dana dan bantuan bagi panti asuhan ini. Dana dikumpulkan melalui kotak amal dan amplop amal di JTETI. Dari hasil penggalangan ini terkumpul dana total sebesar Rp 4.338.400. Dana ini dialokasikan untuk kebutuhan logistik dan sumbangan uang tunai.

Beberapa bentuk bantuan yang disalurkan kali ini adalah sembako, perlengkapan mandi, alat tulis dan kasur busa. Selain bantuan material, kami juga memberikan bantuan imaterial berupa sesi keakraban bersama anak-anak panti asuhan. Kegiatan kami diawali dengan silaturahmi dengan pihak panti asuhan. Selanjutnya ada penjelasan mengenai keadaan panti asuhan saat ini dan dilanjutkan dengan penampilan bakat dari anak-anak panti asuhan. Kali ini anak-anak panti menampilkan keterampilan menari, bermain alat musik dan bernyanyi. Panti asuhan ini memang mengembangkan sisi seni dari para anak-anak panti asuhan dan mereka bebas memilih jenis kegiatan apa yang mereka minati. Selanjutnya sesi keakraban berupa bermain, bernyanyi dan bercerita bersama. Kegiatan keakraban ini sangat bermanfaat dalam memupuk tali persaudaraan dan meningkatkan jiwa sosial pada diri mahasiswa. Pada penghujung acara terdapat penyerahan bantuan secara simbolis dan penutup acara.

Kegiatan ini dapat berlangsung dengan lancar walaupun terdapat beberapa kendala kecil pada prosesnya. Dukungan dari berbagai pihak turut membantu kelancaran kegiatan ini. Pihak mahasiswa KMTETI dan panti asuhan Bina Siwi pun sangat berantusias dalam mengikuti kegiatan ini sehingga tali persaudaraan yang telah ada akan semakin erat. Kegiatan bakti sosial tidak hanya menitikberatkan pada sumbangan material saja, tetapi juga bantuan imaterial pun perlu disalurkan pada panti asuhan karena bantuan imaterial dapat memberi mereka kebahagian dan keceriaan yang membuat mereka bersemangat dalam menjalani kehidupan.