Apa sih UniteUX itu? UniteUX merupakan komunitas baru yang mewadahi orang-orang yang tertarik/bergerak di bidang UX. UX adalah kependekan dari User Experience, dalam bidang IT misalnya bisa diterapkan pada desain aplikasi, web dan lain-lain. Namun, UX juga tidak sekedar berkutat pada tampilan, tapi juga pada apa yang user rasakan, misal desain produk, arsitektur, bahasa dan suara.

UniteUX bermula dari grup yang berkecimpung di bidang UX. Grup ini dibentuk oleh anak-anak JTETI UGM, yang dipimpin oleh Damas (angkatan 2008). Barulah pada tanggal 16 September kemarin, UniteUX kembali mengadakan rapat di JDV (Jogja Digital Valley). Hasilnya, grup yang sebelumnya diberi nama “UGM UX Enthusiast” itu kini diberi nama UniteUX. UniteUX ini sekaligus dijadikan komunitas dengan Trias (angkatan 2010) sebagai ketuanya. UniteUX ini ruang lingkupnya tidak hanya se-UGM, tetapi se-Indonesia. Sebetulnya, sudah ada grup UX Indonesia di LinkedIn, anggotanya para profesional UX dari Indonesia, akan tetapi grup ini tidak terlalu aktif.

Di awal pembentukan UniteUX ini, cukup banyak orang yang bergabung. Dari beberapa orang yang sudah bergabung, mereka merasa senang karena grup ini terasa lebih aktif. UniteUX  sudah pernah mengadakan informal meet up 2 kali. Gathering pada hari Kamis, 28 November 2013 jam 18.30 di Lincak Cafe mendatangkan salah satu pembicara yaitu konsultan UX di Singapore yang juga ikut bergabung di UniteUX. Jadi pada dasarnya, tidak ada syarat khusus untuk menjadi anggota UniteUX, tinggal nanti join di grup Facebook, kemudian mengisi form untuk didata.

Di akhir wawancara, ketua dari UniteUX mengatakan, “Harapan kedepannya komunitas ini bisa mewadahi semua orang di Indonesia yg tertarik belajar/share tentang UX. Selain itu juga pengen nantinya komunitas ini bisa memberi manfaat ke masyarakat tentang pentingnya UX juga. Terus kegiatannya makin aktif, online maupun offline.”

Jika tertarik untuk bergabung dan ingin info lebih lanjut bisa mengunjungi websitenya uniteux.com, follow twitternya @UniteUX, like Facebooknya UniteUX 🙂