Nourma Reizky Damayanti – Infokom

Jumat (29/8), KMTETI FT UGM mengadakan acara Overseas Opportunities: Sosialisasi Beasiswa, Menyiapkan Pemimpin Bangsa. Acara yang diselenggarakan di ruang E6 ini menghadirkan dua narasumber yaitu Muhammad Fakhruzzaman (TE 2011) dan M. Fikri Ali Rahman (TE 2008). Kedua narasumber tersebut mendapat kesempatan untuk menimba ilmu di luar negeri tahun 2014 ini. Dalam acara ini, kedua narasumber membagi tips serta pengalaman mereka tentang langkah-langkah apa saja yang ditempuh hingga meraih Erasmus+ dan beasiswa LPDP.

Narasumber pertama, Muhammad Fakhruzzaman pada tahun ini mendapat kesempatan student exchange ke Politechnico, Torino, Turin, Italy jurusan Electronics Engineering melalui program Erasmus Plus (Erasmus+). Erasmus+ merupakan beasiswa yang didanai oleh pemerintah Uni Eropa. Beasiswa ini berlaku bagi mahasiswa yang ingin mengikuti exchange ataupun melanjutkan studi S2 dan S3. Terdapat berbagai program di beasiswa Erasmus+. Program yang bekerjasama dengan UGM sendiri yaitu Lotus, Areas dan Gate. Setiap program memiliki daftar universitas yang berbeda, dan mahasiswa boleh mendaftar lebih dari satu program.

M. Fikri Ali Rahman, pada tahun ini melanjutkan S2 Creative Technology di University of Bristol, Inggris dengan bantuan beasiswa LPDP. LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) merupakan beasiswa yang diadakan oleh Kementrian Keuangan Republik Indonesia. Beasiswa ini diperuntukan bagi warga negara Indonesia yang ingin melanjutkan jenjang studi S2 dan S3 ke universitas luar maupun dalam negeri. Pemerintah menyediakan 2000 kursi untuk beasiswa LPDP setiap tahunnya dengan kelebihan semua biaya yang ditanggung pemerintah dan pencairan dana yang cenderung mudah.

Untuk lolos dalam program beasiswa studi ke luar negeri, hal utama yang dibutuhkan yaitu kemampuan berbahasa seperti TOEFL ITP ataupun IELTS.  Motivation letter serta surat rekomendasi juga seringkali menjadi bahan pertimbangan pihak penyedia beasiswa.

Dengan adanya acara ini, diharapkan mahasiswa JTETI semakin semangat dalam mencari beasiswa untuk belajar di luar negeri. Sebagai mahasiswa, sejatinya kita harus giat mencari informasi beasiswa dan selalu optimis dalam perjuangan meraih beasiswa itu sendiri. Sehingga ilmu yang didapatkan dari luar dapat diterapkan untuk membangun Tanah Air tercinta kedepannya.

1409331574236.jpg

1409331574293.jpg

1409331574614.jpg