Tahun ini ada yang berbeda, biasanya PPSMB tingkat universitas hanya diselenggarakan satu hari. Tapi, tahun ini, sebagai Gadjah Mada Muda (Gamada), mengikuti rangkaian kegiatan PPSMB Palapa 2013 yang diselenggarakan 2-3 September 2013 lalu disertai follow-up PPSMB setiap hari sabtu selama 4 minggu, merupakan hal yang wajib guna lebih meningkatkan rasa ke-UGM-an pada setiap Gamada.

Di hari pertama PPSMB, kegiatan PPSMB diisi dengan upacara pembukaan yang dihadiri tamu istimewa, Denny Indrayana, Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, yang tidak lain adalah alumni UGM sendiri, serta dilanjutkan materi ke-UGM-an yang dibagi per kluster.

Puncak yang dinanti-nantikan dari PPSMB Palapa adalah di hari kedua. Selain karena UGM kedatangan mantan wakil presiden, Jusuf Kalla, Gamada juga melakukan aksi pemberian solusi terhadap permasalahan bangsa melalui poster-poster yang mereka buat dengan berjajar sepanjang Jalan Kaliurang kemudian diikuti freezemob membentuk bendera merah putih bertuliskan Indonesia Raya di lapangan Grha Sabha Pramana. Hal ini merupakan titik awal mereka membuktikan bahwa “Pancasila jiwa kami, bakti untuk negeri, UGM bersatu, bangkitlah nusantaraku!”.