Capstone Expo 2018 merupakan rangkaian kegiatan dari Lustrum XI Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (DTETI FT UGM). Kegiatan ditujukan untuk memperkenalkan Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi ke masyarakat luas khususnya para pelajar sma.

Pelaksanaan kegiatan ini dalam lima hari pada tanggal 23-27 Oktober 2018 yang diharapkan menjadi gambaran untuk para pelajar sma apabila melanjutkan pendidikan di bidang teknik, khususnya Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi.  Kebermanfaatan dari acara ini diharapkan dapat diterima langsung maupun tidak langsung.

Pada hari  Selasa, 23 Oktober 2018 sebagai hari pertama kegiatan Capstone Expo ini acara pembukaan oleh Bapak Sunu di ruang E5 dan E6 gedung DTETI FT UGM. Dalam acara pembukaan beliau mempraktikan demo Virtual Reality (VR) yang kemudian dapat dicoba langsung oleh peserta yaitu para pelajar sma. Pelajar sma yang ikut dalam acara hari pertama ini berjumlah 22 orang.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pembagian peserta menjadi 3 kelompok. Kelompok ini sebagai urutan untuk tour laboratorium DTETI FT UGM. Terdapat tujuh laboratorium di DTETI yaitu Laboratorium Jaringan dan Komunikasi, Laboratorium Kendali, Laboratorium Sistem Frekuensi Tinggi, Laboratorium Listrik Dasar, Laboratorium Elektronika Dasar, Laboratorium Tegangan Tinggi, dan terakhir Laboratorium Informasi dan Komputer. Acara setelah Tour lab adalah istirahat, sholat dan makan. Kemudian pada pukul 13.00 WIB dilanjutkan dengan workshop yang dibagi menjadi dua yaitu workshop Arduino dan game development. Para peserta mengikuti salah satunya. Workshop ini sebagai acara penutup open house di hari pertama.

Di hari kedua sampai keempat, agendanya hampir sama dengan hari pertama. Dimulai pukul 09.00 WIB, peserta berkumpul di ruang E2. Kemudian peserta melakukan tour lab hingga pukul 12.00 WIB. Dilanjutkan istirahat sampai pukul 13.00 WIB. Peserta juga masih bisa melakukan demo VR di ruang E7. Setelah itu peserta diarahkan untuk bisa mengikuti workshop.

Dihari terakhir, pada tanggal 27 Oktober 2018 dilaksanakan try out dan seminar SBMPTN. Dimulai pukul 08.00 WIB pendaftaran ulang peserta try out. Sampai pukul 09.30 WIB. Dilanjutkan pengerjaan soal try out di ruang TD dari Primagama sampai dengan pukul 12.00WIB. Kemudian waktu istirahat peserta hingga pukul 13.00 WIB. Seminar dilaksanakan di ruang E6 dengan pembicara Muhammad Amin. Acara berakhir pada pukul 17.00 WIB dengan mencoba demo vr untuk peserta.

Yogyakarta, 3 Maret 2014

Damasari Trikurniawati