Seminar PKM ELNINO 2019 dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 Oktober 2019 di Ruang E6 DTETI FT UGM. Seminar ini merupakan acara tahunan Divisi Workshop Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (KMTETI) yang bertujuan untuk memberikan pemaparan kepada mahasiswa terkait Program Kreativitas Mahasiswa dan PIMNAS. ELNINO tahun ini berkolaborasi dengan PKM Center dan mengusung tema EXYPNO: “Build Your Idea For Your Environment”.

Seminar ELNINO dimulai pada pukul 9 pagi dengan sambutan dari Ibu Silmi Fauziati selaku KUD Kemahasiswaan DTETI dan dilanjutkan oleh Mochammad Abdurrozaq selaku ketua ELNINO 2019. Pembahasan materi pada ELNINO dimulai dari sesi pertama yang berfokus pada pencarian dan penyusunan ide. Pemaparan tersebut diberikan oleh Hibatul Ghazi Zulhasmi yang merupakan Mahasiswa Berprestasi UGM 2019. Sesi pertama ditutup dengan tanya-jawab antara peserta dan pembicara.

Sesi kedua dari ELNINO yaitu pembahasan materi terkait manajemen proyek. Sesi ini disampaikan oleh Ariaseta Setia Alam yang sudah berpengalaman menjadi Co-Founder Koding Kreasi Indonesia. Sesi kedua diakhiri dengan tanya-jawab dan sebuah idea challenge untuk peserta. Challenge ini melibatkan dua peserta untuk memaparkan ide mereka secara runtut di depan para pembicara.

Seminar dilanjutkan dengan sesi ketiga terkait sosialisasi PKM yang langsung dipaparkan oleh Bapak Dr. Eng. Herianto, S.T.,M.Eng selaku Kepala Unit Pendidikan dan Kemahasiswaan FT UGM. Sesi kembali diakhiri dengan tanya-jawab dan istirahat.

Setelah sesi ketiga berakhir acara dilanjutkan dengan sesi terakhir yaitu tentang pengalaman PIMNAS 2019 yang disampaikan oleh peraih medali emas dari UGM yaitu Achmad Ilham Nurgina. Sesi pun diakhiri dengan tanya-jawab dan kuis Kahoot! berhadiah bagi para peserta. Rangkaian kegiatan Seminar ELNINO 2019 diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan kepada para pembicara dan pembagian hadiah kepada pemenang challenge serta kuis.