Pada hari Senin, tanggal 5 Mei 2018 , Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (DTETI) Fakultas Teknik UGM menjadi fasilitator seminar dari Infineon Technologies AG . Acara ini bertajuk “Infenion UGM Technical Forum 2018” . Tamu yang hadir berkisar 40 hingga 50 orang. Tak hanya mahasiswa serta dosen DTETI FT UGM saja yang hadir sebagai peserta, tapi ada  pula dosen dan pihak industri dari beberapa kota di pulau Jawa yang turut diundang. Sebelum acara dimulai, antusiasme peserta sudah terlihat sejak persiapan dan sesi registrasi pada pukul 08.20 WIB. Guide book mengenai beberapa topik yang akan disampaikan pun juga telah dibagikan kepada peserta.

Secara resmi, acara yang diselenggarakan di ruang sidang gedung DTETI lantai 3 ini dibuka pada pukul 09.20 WIB oleh MC yang merupakan perwakilan pengurus KMTETI FT UGM, yaitu Amalia Hari Iskania dari Teknologi Informasi’16 dan Dhimas Cahya Rifbyan dari Teknik Elektro’17. Pengantar disampaikan dalam dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Seperti biasa, sambutan dari kedua belah pihak juga mengawali acara ini, Bp. Sarjiya, S.T., M.T., Ph.D. selaku Kepala Departemen TETI FT UGM dan Mr. Lim King Soon selaku Bussiness Development Director dari pihak Infineon.

Perusahan yang berasal dari Jerman ini memaparkan beberapa topik yang dibagi menjadi beberapa sesi yang diselingi dengan coffee break dan istirahat makan siang. Topik pertama langsung disampaikan oleh Mr. Nicholas Tan  mengenai “The Semiconductor as Driving Force in The Automotive Industry” selama kurang lebih 30 menit. Beliau selaku Indonesia Country Marketing dari Infineon. Dalam sesi tanya-jawab terdapat pertanyaan dari salah satu peserta mengenai keterkaitan pihak universitas dan industri itu seperti apa. Beliau menyampaikan bahwa kita harus memiliki pandangan serta gambaran besar terlebih dahulu mengenai trend dimasa mendatang. Perusahaan yang bergerak di bidang semikonduktor ini sudah memiliki produk yang sudah jadi dan mereka bersedia untuk berbagi ilmu dengan mahasiswa/dosen/akademisi di Indonesia. Selain itu, proyek oleh mahasiswa/dosen/akademisi di suatu universitas yang bekerja sama dengan Infineon bisa menjadi media untuk saling terkoneksi dan mempersiapkan diri menghadapi trend di masa mendatang.

Topik kedua mengenai “Infineon Products & Solutions on eBike and xEV”  oleh Mr. Chen Qi . Setelahnya, beliau juga menyampaikan topik mengenai “Infineon LED Solution for Motorcyles and Car”. Ketika jam menunjukkan pukul 12.00 WIB,  peserta dipersilahkan untuk makan siang di tempat yang telah tersedia di depan ruangan.

Topik keempat mengenai “Multiple application for Infineon Chip card Producs” yang disampaikan oleh Mrs. Ellen Ganardi dan yang terakhir mengenai “ Security Products for IoT application” yang disampaikan oleh Mr. Nicholas Husny.

Setelah jam menunjukkan pukul 16.30 WIB, seminar ini pun dinyatakan selesai. Sebelum sesi foto bersama, Bp.  Eka Firmansyah, S.T., M.Eng., Ph.D. memberikan pesan serta ucapan terimakasih kepada seluruh peserta juga pembicara dari Infineon yang telat menyempatkan hadir dan berbagi ilmu bersama. Beliau berpesan kepada mahasiswa-mahasiswa DTETI untuk mulai belajar membangun pengetahuan diri mengenai trend tersebut sebagai upaya membangun Indonesia yang produktif dan tidak konsumtif.