Sabtu (20/10), telah dilaksanakan acara seminar jurnalistik dan videografi, “JOURNARTLISM 2018 : Berkata Lewat Kata dan Lensa”. Acara ini dimulai pada pukul 08.00 WIB, bertempat di Ruang E6 Gedung DTETI Fakultas Teknik UGM dan selesai pada pukul 15.15 WIB.

Seperti tahun sebelumnya, JOURNARTLISM 2018 masih membawakan tema umum yang sama, yaitu Bercerita Lewat Kata dan Lensa. Dengan menghadirkan tiga pembicara yang ahli di bidangnya: Jayadi Kasto Kastari (Redaktur SKH Kedaulatan Rakyat), Yamadipati Seno (Redaktur mojok.co), dan Julla Bee Imaratu (CEO MasBos Kreatif Indonesia).

Rangkaian acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Panitia, Zufar Aditama, dan Kepala Divisi Infokom, Adib Dresta Ramadhan. Kemudian dilanjut dengan seminar jurnalistik. Pembicara pertama, Jayadi Kasto Kastari, membawakan materi dengan tema “Eksistensi Media Konvensional di Era Digital”. Beliau membahas tentang perjalanan dan perjuangan Kedaulatan Rakyat (KR) dalam menghadapi gempuran media digital hingga saat ini.

Pembicara kedua, Yamadipati Seno, menyampaikan materi dengan tema “Popping Up Topic Through Social Media”. Berbeda dengan KR yang berbasis konvensional, mojok.co merupakan salah satu media digital yang saat ini banyak diminati golongan muda. Dalam seminar ini Yamadipati Seno menyampaikan bahasan tentang konten dan brand yang menjadi ciri khas mojok.co dalam menggaet pembaca. Setelah sesi kedua berakhir, peserta dipersilakan untuk ishoma.

Pukul 12.30 WIB rangkaian acara dilanjutkan dengan seminar videografi oleh Julla Bee Imaratu. Materi yang disampaikan pada sesi ketiga dibagi menjadi 4 topik bahasan; yaitu tentang MasBos Multimedia, Tren Pasar Milenial, Workshop Videografi, dan How to Stand Out from the Crowd.

Acara diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan untuk pembicara. Harapannya acara ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada peserta untuk dapat tetap berkarya.