Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan kegiatan rutin KMTETI yang dilakukan setiap tahunnya. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Mahasiswa Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (DTETI FT UGM) angkatan 2017. Acara ini berupa kunjungan ke perusahaan-perusahaan yang berhubungan dengan konsentrasi yang ada di Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi mulai dari tanggal 20 hingga 25 Oktober 2019. Peserta dari kegiatan ini merupakan mahasiswa/i Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada yang berjumlah 69 orang dan sedang menempuh pendidikan pada semester 5. Program studi yang ada adalah Teknik Elektro dan Teknologi Informasi. Sedangkan Teknik Elektro dibagi lagi menjadi 2 konsentrasi yaitu Sistem Tenaga Listrik dan Sistem Isyarat Elektronika. Peserta kegiatan berangkat pukul 13.00 dari Yogyakarta dengan menggunakan bus dan tiba di Jakarta pada pukul 02.00 dini hari.

Pada hari pertama tempat kunjungan dilakukan di Jakarta. Perusahaan yang dikunjungi merupakan PT PLN Pusat dan PT Satellite Nusantara untuk program studi Teknik Elektro dan PT Tokopedia untuk program studi Teknologi Informasi. Selanjutnya tempat  kunjungan dilakukan di Bandung. Perusahaan yang menjadi tujuan kunjungan ialah PT LEN Industri dan PLTA Bengkok untuk program studi Teknik Elektro. PT Telekomunikasi Indonesia dan PT Agate Internasional Company merupakan tujuan kunjungan dari program studi Teknologi Informasi. Selain diadakan kunjungan industri, program Kuliah Kerja Lapangan juga melakukan kunjungan wisata ke Farm House, Floating Market, dan Trans Studio Bandung.

Kegiatan kunjungan industri yang diselenggarakan ini memiliki tujuan utama yaitu memberikan bekal wawasan industri, khususnya penerapan aplikasi IPTEK di industri bagi mahasiswa Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Kegiatan ini diharapkan akan menjadi salah satu alternatif hubungan perguruan tinggi-industri dengan pengembangan sumber daya manusia. Dengan adanya hubungan tersebut diharapkan dapat menguraikan berbagai kendala yang sering dikeluhkan oleh dunia industri dan perguruan tinggi sehingga kegiatan ini akan memberikan keuntungan tidak hanya bagi mahasiswa saja, tetapi bagi perguruan tinggi dan industri juga.

Yogyakarta, 27 Oktober 2019

 

 

Triananda Putri