Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan kegiatan rutin KMTETI yang dilakukan setiap tahunnya. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Mahasiswa Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (DTETI FT UGM) angkatan 2016. Acara ini merupakan  kunjungan ke perusahaan-perusahaan yang berhubungan dengan konsentrasi yang ada di Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi mulai dari tanggal 5 November hingga 10 November 2018. Sebagian besar mahasiswa Teknik Elektro dan Teknologi Informasi yang menjadi peserta kegiatan ini saat ini sedang menempuh perkuliahan semester lima, dimana mereka sudah terbagi dalam program studi yang ada di Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi FT UGM. Progam studi yang ada adalah Teknik Elektro dan Teknologi Informasi. Sedangkan Teknik Elektro dibagi lagi menjadi 2 konsentrasi yaitu Sistem Tenaga Listrik dan Sistem Isyarat Elektronika. Peserta kegiatan berangkat pukul 17.05 dengan menggunakan kereta Gaya Baru Malam Selatan dan tiba di Jakarta pada pukul 01.55 dini hari.

Tempat pelaksanaan kunjungan perusahaan yaitu di kota Jakarta pada hari pertama dan hari kedua. Untuk di Jakarta, perusahaan yang dikunjungi yaitu PT. PLN P2B, PT. Huaweii Tech, PT. GDP LABS, PT. Omron, PT. General Electric, PT. Qwords untuk kunjungan ketiga konsentrasi (Sistem Tenaga Listrik, Sistem Instrumentasi Elektronis, dan Teknologi Informasi). Sedangkan hari kedua di Jakarta perusahaan yang dikunjungi yaitu PT. Pasifik Satelite Nusantara, PT. Elnusa, PT. Bukalapak untuk kunjungan ketiga konsentrasi (Sistem Tenaga Listrik, Sistem Instrumentasi Elektronis, dan Teknologi Informasi). Kegiatan Kunjungan industri yang diselenggarakan ini memiliki tujuan utama yaitu memberikan bekal wawasan industri, khususnya penerapan aplikasi IPTEK di industri bagi mahasiswa Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada.

Sedangkan pada hari ke tiga kunjungan dilakukan ke Bandung. Untuk di Bandung, perusahaan yang dikunjungi yaitu PT. Aeroterrascan, PLTA Jatiluhur, PT. Nightspade, PT. Len Industri, dan PT. Agate, untuk kunjungan ketiga konsentrasi (Sistem Tenaga Listrik, Sistem Instrumentasi Elektronis, dan Teknologi Informasi). Kegiatan Kunjungan industri yang diselenggarakan ini memiliki tujuan utama yaitu memberikan bekal wawasan industri, khususnya penerapan aplikasi IPTEK di industri bagi mahasiswa Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Peserta kegiatan pulang kembali ke Yogyakarta pada hari Jumat, 9 November 2018 pada pukul 18.10 dan tiba di Yogyakarta pada pukul 02.40 dengan menggunakan kereta Kahuripan.

 

 

Kegiatan ini diharapkan akan menjadi salah satu alternatif hubungan perguruan tinggi-industri dengan pengembangan sumber daya manusia. Hubungan yang mungkin dapat menguraikan kesulitan-kesulitan yang sering dikeluhkan dunia industri dan perguruan tinggi sehingga kegiatan ini akan memberikan keuntungan tidak hanya bagi mahasiswa saja, tetapi juga bagi perguruan tinggi dan industri.

Yogyakarta, 10 November 2018

Joanna Rani Wiwanditya