Pada tanggal 10 April 2018, Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (KMTETI)  FT UGM melaksanakan kunjungan ke Himpunan Mahasiswa Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (HMT PWK). Kegiatan tersebut dimulai pukul 16.00 WIB dan dilaksanakan di Ruang K4 Departemen Teknik Arsitektur dan Perencanaan Wilayah dan Kota (DTAP) FT UGM. Acara dibuka oleh MC yang terdiri dari perwakilan kedua belah pihak dimana KMTETI diwakili oleh Alif Rachmansyah dan pihak HMT PWK diwakili oleh Ana. Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan kepengurusan HMT PWK yang diwakili oleh Abdurrahman Faisal selaku ketua periode 2017/2018. Disini HMT PWK menjelaskan tentang program kerja setiap divisi. Diantaranya yaitu Divisi Humas (Cakra Ahwaya), Divisi Pendidikan, Penelitian, dan Profesi (Cakra Wistara), Divisi Media dan Informasi (Cakra Pawarta), Divisi Kewirausahaan (Cakra Sangkara), Divisi PSDM (Cakra Abiyakta), Divisi Rumah Tangga (Cakra Buana), Divisi Minat dan Bakat (Cakra Nirwasita), dan Divisi Pengabdian Masyarakat (Cakra Mahacara).

Setelah Sesi pemaparan selesai, dibukalah sesi tanya jawab. Pada sesi ini ada yg bertanya kepada HMT PWK berkaitan dengan desa binaan dan alasan mengenai prodi Arsitektur dan PWK yang memilih untuk mendirikan lembaga kemahasiswaan sendiri-sendiri. Mereka menjelaskan bahwa dalam membina suatu desa mereka memiliki tiga parameter penting yang sudah terbagi ke dalam tiga subdivisi. Diantaranya adalah subdivisi Local Economy yang memiliki tugas untuk mengontrol para warga binaan agar mampu memasarkan produk yang mereka hasilkan, subdivisi Social Education bertugas mengajar anak-anak di desa binaan agar dapat belajar secara mandiri, dan subdvisi Environment yang bertugas untuk mengenalkan cara merawat dan tata lingkungan sekitar. Sedangkan untuk pertanyaan kedua dikarenakan terdapat urgensi permasalahan yang berbeda. Meskipun PWK dan Arsitektur memilih untuk berdiri sendiri hubungan kedua belah pihak tetap berjalan dengan baik, contohnya untuk pengerjaan acara-acara tertentu seperti Gala DTAP mereka melakukan kolaborasi kerja.

Kemudian acara dilanjutkan dengan perkenalan dari pihak KMTETI yang diwakili oleh Arkka Alpha Fawwaz selaku Ketua KMTETI periode 2017/2018. Penjelasan program kerja biro dan divisi disampaikan oleh Ketua Bidang Divisi masing-masing, mulai dari Biro Pengembangan Organisasi, Divisi Humas, Divisi Workshop, Divisi Electropreneur, Divisi Infokom, dan Divisi Akademis.  Setelah perkenalan dari pihak KMTETI selesai acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Rangkaian acara berikutnya adalah Forum Discussion Group (FGD), dimana masing-masing divisi dari kedua belah pihak berkumpul bersama dan saling bertukar informasi. Pada penghujung acara, ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari kedua belah pihak. Semoga silaturahmi dan kerjasama antara KMTETI dan HMT PWK senantiasa terjaga dengan baik.

 

Oleh. Noer Ayu (Teknologi Informasi’17)