NESCO (National Electrical Power System Competition) merupakan sebuah kompetisi tingkat nasional yang menitikberatkan pada kelistrikan tegangan tinggi. NESCO 2019 terdiri dari tiga rangkaian acara yaitu Seminar Nasional, Career Talk, Video Competition, dan Paper Competition. NESCO 2019 diselenggarakan oleh BSO Magatrika (Mahasiswa Ketenagalistrikan) yang berada di bawah arahan Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (KMTETI FT UGM). Dengan tema Electricity, The Evolution of National Civilization, kegiatan ini bertujuan untuk mendorong perkembangan dan perencanaan sistem ketenagalistrikan, khususnya di Indonesia.

  • Final Paper Competition NESCO 2019

Final Paper Competition  NESCO 2019 diselenggarakan pada hari Sabtu, 23 Maret 2019 yang bertempat di Ruang 2.2 Kantor Pusat Fakultas Teknik UGM, mendatangkan Ir. M. Fathkul Hakim (Senior Manager PT. PLN Persero Distribusi Jawa Tengah dan DIY), Sasongko Pramono Hadi, Dr., Ir., DEA (Dosen DTETI FT-UGM), dan Sarjiya, S. T., M. T., Ph.D.  (Dosen DTETI FT-UGM) sebagai juri dan Byan dan Dama sebagai MC. Dengan tema Smart Grid, The Better Solution of Renewable Energy Distribution for Reliable Power System”.

Finalis paper competition NESCO 2019 mulai melakukan registrasi pada pukul 07.30 WIB. Acara final ini dihadiri oleh semua tim finalis yang berjumlah 10 tim dan dimulai pada pukul 08.45 dengan sambutan pertama disampaikan oleh Ketua Departemen Teknik elektro dan Teknologi Informasi Bapak Sarjiya, S.T., M.T., Ph.D. Pukul 08.50 dilakukan pembacaan aturan oleh Tim Teknis paper competition NESCO 2019. MC sebagai perwakilan panitia mengambil undian nama finalis yang pertama kali presentasi, dan selanjutnya finalis yang telah presentasi mengambil nomor undi untuk finalis selanjutnya. Finalis yang tidak presentasi diarahkan untuk menuju ke ruang 2.3 untuk menunggu giliran selanjutnya.

Finalis mulai melakukan presentasi secara bergantian dari pukul 09.00 hingga pukul 12.00. Setelah semua tim mendapat giliran presentasi, para juri dan Tim Teknis Paper Competition NESCO 2019 merekap penilaian dari masing-masing tim. Pada pukul 15.30 dilaksanakan pemberian plakat dan kenang-kenangan oleh panitia NESCO 2019 kepada juri Paper Competition. Barulah diumumkan juara dari Paper Competition NESCO 2019. Juara pertama diraih oleh Tim IBK (ITS), juara dua diraih oleh Tim Putra Petir (ITB), dan juara ketiga diraih oleh Tim Mak Yeye (ITS). Untuk juara poster terbaik jatuh kepada Tim Mak Yeye (ITS). Acara NESCO 2019 usai pada pukul 15.42.

  • Career Talk NESCO 2019

Career Talk NESCO 2019 mengambil tema, “Dream It, Plan It, Reach It” yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 23 Maret 2019 bekerja sama dengan ECC UGM . Dalam acara ini terdapat dua rangkaian acara yakni talkshow yang bertempat di Ruang 2.1 Kantor Pusat Fakultas Teknik UGM dan simulasi interview yang bertempat di ruang E2 dan E3 Depaetemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM. Pada acara talkshow mendatangkan Michael C Putrawenas B.Sc., M.Sc. (Commercial Strategy Manager, Upstream Indonesia dan juga  Health, Safety, Security, and Environment (HSSE), Sustainable Development & Goverment Relations Manager di Shell), Eric Rossi Priyo Nugroho (Manajer di PT PLN (Persero) area Yogyakarta), dan Arrumaisha Fitri, M. Psi., Psi. (Psychologist Associate ECC UGM dan Counsellor and Assesor Detections IONS Yogyakarta) sebagai moderator sekaligus menyampaikan keynotes mengenai CV dan interview. Acara ini dimulai dengan sambutan pertama oleh ketua NESCO 2019. Dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan secara simbolik oleh perwakilan Ketua Departemen Teknik elektro dan Teknologi Informasi, Bapak Prapto Nugro, S.T., M.Eng., D.Eng. Setelah itu terdapat pembacaan CV moderator dan selanjutnya diambil alih oleh Moderator.

Menurut Bapak Michael dan Bapak Eric yang dilihat saat seseorang mulai bekerja nanti adalah bagaimana caranya menjawab suatu permasalahan berhubungan dengan pekerjaan dan jurusan. Kita juga perlu tahu seluk beluk mengenai pekerjaan yang akan kita masuki serta harus melakukannya dengan serius dan konsisten agar semuanya menjadi mudah. Tibalah  saat pemberian plakat dan kenang-kenangan kepada pembicara oleh ketua NESCO 2019. Kemudian moderator menyampaikan keynotes mengenai interview dan CV, dilanjutkan dengan pemberian plakat dan kenang-kenangan oleh ketua NESCO 2019 kepada moderator.

Usai sesi talkshow berakhir dan isoma, mulailah rangkaian acara kedua pada hari ini yaitu simulasi interview. Peserta simulasi interview terdiri 8 orang yang berasal dari perguruan tinggi sekitar Yogyakarta. Interviewer berasal dari perwakilan ECC UGM, yakni Mba Tita dan Mba Dian. Setiap peserta yang selesai melakukan simulasi akan kembali menuju ruang tunggu. Saat semua peserta mendapatkan giliran, mereka akan mendapat evaluasi masal dari interviewer sekaligus pemberian sertifikat sebagai tanda berakhirnya acara.

  • Seminar Nasional NESCO 2019

Seminar Nasional NESCO 2019 diselenggarakan pada hari Minggu, 24 Maret 2019 yang bertempat di Ruang 2.1 Kantor Pusat Fakultas Teknik UGM dengan tema “Tantangan dan Kesiapan Indonesia dalam Penerapan Energi Terbarukan sebagai Suplai Listrik Nasional”. Pada acara talkshow mendatangkan Ir. Eko Yudo Pramono, M. T. (General Manager PT PLN (Persero) Pusat Pengatur Beban (P2B) Jawa Bali), Tony Susandy, S.T., M.B.A. (Kepala SubDirektorat Penyiapan Program Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan pada Ditjen EBTKE Kementerian ESDM), Ir. AM Budi Setyawan (Kepala Divisi Perencanaan & Pengendalian Energi Primer 1 pada Direktorat Operasi 1, PT. Pembangkitan Jawa-Bali), Ahmad Agus Setiawan, S. T., M. Sc., Ph.D (Dosen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika, Fakultas Teknik, UGM), dan Adlan Bagus Pradana, S.T., M.Tech. (Dosen Teknik Elektro Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada) sebagai moderator.

Peserta Seminar Nasional NESCO 2019 mulai melakukan registrasi pada pukul 07.30 WIB. Mereka berasal dari kalangan mahasiswa maupun umum. Acara ini dimulai pukul 08.45 dengan sambutan pertama oleh ketua NESCO 2019. Dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua Magatrika, Abdan Hanifah Dharmasakya. Dalam sambutannya beliau menyinggung mengenai tema NESCO 2019, yakni “Kesiapan Indonesia dalam Tenaga Listrik Terbarukan“. Adapun sambutan selanjutnya oleh Ketua DTETI, yaitu Bapak Sarjiya, S.T., M.T., Ph.D.

Acara inti berikutnya diambil oleh moderator, yaitu Bapak Adlan Bagus Pradana, S.T., M.Tech. seminar dibagi menjadi empat bagian, yaitu materi pertama  disampaikan oleh Bapak Ir. Eko Yudo Pramono, M. T., adalah mengenai kesiapan grid dalam menghadapi peningkatan variable renewable energy (VRE) ke grid”.; penyampaian materi  kedua oleh Bapak Tony Susandy, S.T., M.B.A., mengenai kebijakan pengembangan dan strategi energi baru dan terbarukan di Indonesia; selanjutnya ada materi yang di paparkan oleh Bapak Ir. AM Budi Setyawan mengenai peran dan pengembangan PJB dalam sistem Jawa dan Bali; Bapak Ahmad Agus Setiawan, S. T., M. Sc., Ph.D menjadi pembicara terakhir pada seminar  dengan mengusung tema renewable energi development in Indonesia.

Acara seminar kemudian diambil alih oleh MC sekaligus ada penyerahan plakat dari Ketua DTETI kepada moderator seminar. Sebelum acara closing terdapat penayangan serta pemberian hadiah kepada pemenang video competition NESCO 2019 oleh koordinator seksi teknis, Faishal Muhyiddin. Adapun pemenang video competion dikategorikan sebagai berikut : video terbaik umum mahasiswa diraih oleh Tim Notobroto (UGM), video terfavorit mahasiswa diraih oleh Tim Prestakuy (Universitas Negeri Jakarta), video terbaik SMA diraih oleh One Goal (SMAK St. Augustinus Kediri), dan video terfavorit SMA diberikan kepada XFILISX (SMA Negeri 1 Salatiga).

 

 

Yogyakarta, 30 Maret 2019

 

 

Septian Hesti Kusuma