Christina Purwaningsih – Pengembangan Organisasi

Pelatihan Kesekretariatan dan Kebendaharaan (PKK) dengan pembicara Ibu Avrin Widiastuti, ST, M.Eng. (Sekretaris Jurusan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja Sama), Bapak R. Anugrahanto, S.IP.  (Bagian Kemahasiswaan) dan Ibu Nawang Siwi, S.E. (Bagian Keuangan)

Dalam rangka meningkatkan kualitas mengenai kesekretariatan maupun kebendaharaan  tiap Departemen, BSO dan panita acara-acara besar yang diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JTETI) Fakultas Teknik UGM, Departemen PO terpanggil untuk mengadakan acara Pelatihan Kesekretariatan dan Kebendaharaan (PKK). Acara ini selain mengenalkan bagaimana tata cara penulisan proposal, surat maupun LPJ juga menjelaskan mengenai alur sebuah proposal, surat maupun LPJ diproses. Sasaran dari kegiatan ini adalah para Ketua, Sekretaris dan Bendahara dari setiap Departemen, BSO dan panitia acara- acara besar di JTETI Fakultas Teknik UGM ini.

PKK dilaksanakan pada hari Jumat, 7 Maret 2014 pada pukul 13.00 – 15.30 di Ruang E7 Lantai 3 JTETI Fakultas Teknik UGM. Acara tersebut dihadiri sekitar 33 orang perwakilan setiap Departemen, BSO maupun panitia acara besar. Rangkaian acara dimulai dengan sambutan oleh Ketua PH KMTETI Reza Arkan Partadiredja dan dilanjutkan oleh Ibu Avrin Widiastuti, ST, M.Eng. yang memberikan sepatah dua patah kata mengenai Jabatan beliau sebagai Sekretaris Jurusan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja Sama, selain sambutan tersebut beliau juga memberikan materi mengenai tata cara kesekretariatan dan kebendaharaan secara garis besar.

Acara inti pada PKK tersebut adalah presentasi mengenai tata cara kesekretariatan oleh Bapak R. Anugrahanto, S.IP.  bagian Kemahasiswaan. Kemudian dilanjutkan oleh presentasi mengenai tata cara kebendaharaan oleh Ibu Nawang Siwi, S.E. bagian Keuangan. Setelah Perwakilan dari Jurusan mempresentasikan mengenai materi tersebut, acara berikutnya adalah presentasi tambahan mengenai tata cara kebendaharaan oleh Sekretaris dan Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (KMTETI). Para pembicara yang telah diundang tersebut menjelaskan mengenai alur pengajuan proposal, surat, LPJ serta template yang digunakan. Hal-hal yang disampaikan tersebut sangat penting untuk tiap pribadi yang menghadiri acara tersebut terkhususnya yang masih baru dalam hal tata cara kesekretariatan dan kebendaharaan. Pentingnya acara ini bagi peserta diibaratkan dengan sebuah peta yang diperlukan oleh driver (pengemudi) agar tidak salah jalan atau tersesat dan sampai di tujuan tepat pada waktunya. Acara ini kemudian ditutup oleh tanya jawab dari setiap peserta kepada para pembicara.

Download Materi PKK 2014 disini.