Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Semi Otonom (BSO) Magatrika Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (KMTETI FT UGM).

Pelatihan ini merupakan salah satu proker yang bertujuan untuk membantu Mahasiswa/i yang telah memilih konsentrasi Teknik Tegangan Listrik dalam hal menerapkan materi perkuliahan tentang transmisi, distribusi tegangan listrik. Program Power Factory atau biasa disebut DIgSILENT merupakan engineering tool untuk analisis jaringan ketenagaan listrik, transmisi dan distribusi. DIgSILENT merupakan kepanjangan dari “Digital SImuLation Electrical NeTwork calculation program”. Inti dari software DIgSILENT ini adalah mendefinisikan, meodifikasi dan mengorganisir sebuah kasus dalam hal ketenaga listrikan.

Pelatihan ini dilakukan selama 3 kali pertemuan yaitu pada hari Kamis tanggal 1 November 2018, Kamis tanggal 8 November 2018 dan hari Kamis tanggal 15 November 2018 di ruang kuliah E3 Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi. Dimulai dari jam 16.00 s/d 15.30 WIB

Pelatihan KiCad ini diawali dengan pembukaan oleh ketua pelaksana yaitu Roni Dwi Prasetyo. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan software KiCad.  Pada pelatihan pertama di pandu oleh Pandu Lukhyswara dan Naufan Allam Aji kemudian pelatihan di hari kedua dilatih oleh Pandu Lukhyswara dan Febian Melwa Reksa A.

Peserta dari pelatihan software DIgSILENT terbatas yaitu hanya 15 orang pendaftar pertama. Peserta pelatihan software DIgSILENT tidak di pungut biaya jadi gratis dan peserta terbuka untuk semua mahasiswa/i Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi yang telah memilih konsentrasi Teknik Tegangan Tinggi.

Pelatihan ini bertujuan untuk membantu mahasiswa/i Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi yang telah memilih konsentrasi Teknik Tegangan Tinggi untuk dapat mempraktekkan ilmu yang telah didapat diperkuliahan dalam hal ketenagalistrikan dalam kehidupan nyata melalui software DIgSILENT.

 

Yogyakarta, 13 November 2018

 

 

Veby Riska Afrina