Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Semi Otonom (BSO) Magatrika Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (KMTETI FT UGM). Pelatihan ini merupakan salah satu proker yang bertujuan untuk membantu Mahasiswa/i dalam meningkatkan kemampuan dalam hal membuat circuit pcb yang bertujuan untuk bisa bergabung dengan tim yang ada di Universitas Gadjah Mada. Software KiCad merupakan perangkat lunak open source untuk membuat diagram skematik elektronika dan desain papan PCB ( printed Circuit Board).

Pelatihan ini dilakukan selama 2 kali pertemuan yaitu pada hari Kamis tanggal 25 Oktober dan hari Jumat tanggal 26 Oktober 2018 di ruang kuliah E9 Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi. Dimulai dari jam 16.00 s/d 15.30 WIB

Pelatihan KiCad ini diawali dengan pembukaan oleh ketua pelaksana yaitu Hanif Faalih Wienico Kusuma. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan software KiCad.  Pada pelatihan pertama di pandu oleh Wibi Fahru Ma’rufi dan untuk pelatihan di hari kedua dilatih oleh Yunas Pandu.

Peserta dari pelatihan software KiCad terbatas yaitu hanya 15 orang pendaftar pertama. Peserta pelatihan software KiCad tidak di pungut biaya jadi gratis dan peserta terbuka untuk semua mahasiswa/i Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi baik dari angkatan 2018 s/d 2015.

Pelatihan ini bertujuan untuk membantu mahasiswa/i Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi dalam mengasah kemampuan dibidang elektronika yang nantinya dapat bersaing dengan mahasiswa/i dari jurusan dan universitas lainnya. Dan khusus untuk mahasiswa/i yang mengikuti pelatihan software KiCad ini bisa mendapatkan nilai plus ketika ingin bergabung dengan tim yang ada di Universitas Gadjah Mada seperti GMAT, Arjuna, Semar, GMRT dan tim lainnya.

 

Yogyakarta, 2 November 2018

Veby Riska Afrina