previous arrow
next arrow

Slider

Sleman, Rabu 10 Oktober 2018 – Lustrum DTETI XI merupakan acara peringatan ulang tahun Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik UGM yang ke-55 bertema “Pengabdian TETI untuk Masyarakat” dengan 3 rangkaian kegiatan besar. Salah satunya adalah yang dilaksanakan di Fakultas Teknik UGM pada hari Sabtu, tanggal 29 September 2018 yang bersifat eksternal dan berskala nasional. National Youth Writing Competitions, Workshop, serta Seminar Nasional merupakan agenda pada hari tersebut. Serangkaian agenda ini dimulai pukul 08.00 WIB.

IPTEK selalu berkembang dari zaman ke zaman yang perannya sangat besar bagi masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan. Namun, generasi penerus bangsa hendaknya kritis dalam penggunaan IPTEK serta mampu memanfaatkannya untuk mengatasi permasalahan yang timbul di kalangan masyarakat.

Oleh karena itu Lustrum DTETI XI mengadakan National Scientific Writing Competition (NSWC) dengan tema “Towards Golden Indonesia 2045 : Overcoming Problem Solution Now, Tomorrow, and Forever”, National Software Development Competition (NSDC) dengan tema “Daily Application, Make Solution”, serta National Data Science and Data Analytics Competition (NDAC) dengan tema “Peran Data Science dan Data Analytics dalam Pengolahan Big Data Modern” yang merupakan ketiga cabang dari National Youth Writing Competitions sebagai wadah pengasahan atas masalah tersebut. Berbagai babak penyisihan telah membawa 24 tim dari berbagai pulau di seluruh Indonesia menuju babak final ketiga lomba ini.

Seminar Nasional dan Workshop diadakan dengan tema yang sama yaitu, “Peran Big Data Analytics dalam Pengolahan Data Modern”. Saat ini penggunaan Big Data semakin masif dari hari ke hari. Big Data diperkirakan akan memiliki pengaruh yang sangat besar bagi seluruh sektor di tanah air.

Workshop dilaksanakan di Laboratorium Jaringan Komputer Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM dengan M. Rizki Alif Yuzak, seorang Developer Analyst dari Solusi247, sebagai trainernya. Peserta Workshop yang berjumlah 30 hadirin ini berasal dari berbagai usia. Workshop ini menitikberatkan analisis sentimen dari media sosial dengan menggunakan Python serta implementasi visualnya dengan menggunakan Kibana dan Elasticsearch.

Seminar Nasional dilaksanakan di ruang 2.5 KPFT UGM dan hadiri oleh 200 hadirin yang berasal dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar hingga masyarakat umum. Dengan menghadirkan 3 pembicara yang sangat berpengalaman di bidangnya, seminar nasional ini membuka sudut pandang yang lebih luas mengenai  Big Data Analytics.

Pembicara pertama ialah Beno Kunto Pradekso. Beliau adalah founder dan CEO dari SOLUSI 247, sebuah perusahaan ICT di Indonesia yang berfokus pada large scale data processing dan big data solution. Kemudian pembicara kedua adalah Bapak Alex Budiyanto selaku Chairman dari Asosiasi Cloud Computing, sebuah asosiasi pelaku dan pemerhati cloud computing khususnya di Indonesia. Dan pembicara ketiga adalah Bapak Meidy Fitranto. Beliau adalah CEO dan Co-Founder dari Nodeflux Teknologi Indonesia, perusahaan IVA pertama dan terbesar di indonesia.

Sebelum diakhiri, diadakan sesi tanya jawab dan ditutup dengan pemberian kenang-kenangan kepada ketiga pembicara oleh Ibu Silmi Fauziati selaku perwakilan dari Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi FT UGM.

Segenap rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat menjadi bentuk kontribusi dan pengabdian Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM  kepada masyarakat luas dalam merasakan serta meningkatkan kapabilitas diri menuju Indonesia berbasis teknologi yang lebih baik.

Keberlangsungan dan kesuksesan serangkaian kegiatan ini didukung oleh PGN COM [www.pgn.com], RIITACHI Kompor Gas [www.riitachi.co.id], Microsoft [www.microsoft.com/id-id], ACiS [www.alusbae.com], GAMATECHNO [www.gamatechno.com], DomaiNesia [www.domainesia.com], TelkomIndonesia [www.telkom.co.id], Telesindo Shop [www.telesindoshop.com], telkomsigma [www.telkomsigma.com], Telkominfra [www.telkominfra.co.id], dan juga PIN [www.pilarinfonusa.com].