Telah dilaksanakan Sosialisasi Kerja Praktek yang diikuti oleh mahasiswa Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM . Acara dilaksanakan pada hari Jumat, 13 April 2018 pada pukul 15.30 WIB dengan bertempat di Ruangan E7 DTETI UGM.

Acara  dimulai dengan pembukaan oleh MC , lalu sambutan dari Ketua panitia yakni Wildan Purnomo dan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Bapak Sumaryadi selaku perwakilan dari pihak Akademik DTETI . Setelah pemaparan materi oleh Bapak Sumaryadi acara  dilanjutkan dengan sesi sharing dan tanya jawab dengan mahasiswa yang telah melaksanakan Kerja Praktek, yaitu Adisakti Wibowo, Teknik Elektro ‘15( PLN P2B Gandul Depok Jawa Barat); Dilla Aprillia, Teknologi Informasi ‘15(PT.Telkom Indonesia Jakarta Pusat); dan Tri Wahyu Utomo, Teknik Elektro ‘15 (PusTekBang LAPAN) .

Sesi sharing dan tanya jawab dimulai dari Adisakti Wibowo atau biasa dipanggil dengan mas Bowo. Ia membagikan info mengenai alur pengajuan KP dan tips-tips agar KP berjalan dengan lancar. Yang pertama adalah kumpulkan niat dan motivasi serta jangan lupa berdoa dan jangan malu untuk bertanya ke kating mengenai tempat KP (di luar kampus atau di dalam kampus) dan waktu yang pas untuk melaksanakan KP. Lalu tentukan pilihan tempat KP dan cari tau lebih lanjut informasi tentang tempat KP yang dituju, biasanya informasi ini dapat dilihat di website perusahaan yang dituju. Kemudian kirim proposal dan tunggu hingga 3-4 minggu. Jangan lupa untuk selalu follow up perkembangan nya. Jika ada orang dalam atau kenalan juga bisa dimanfaatkan agar proses pengajuan KP lebih mudah. Kalau sudah diterima selanjutnya dapat mengurus surat-surat yang dibutuhkan untuk KP di FO, serta jangan lupa membawa surat tersebut saat melakukan KP di perusahaan.

Selanjutnya sesi sharing dan tanya jawab dilanjutkan oleh Dilla Aprillia atau biasa disapa mba Dilla. Ia membagikan informasi mengenai KP khususnya untuk prodi Teknologi Informasi. Untuk Prodi TI ada 2 jenis tempat KP yang dapat dipertimbangkan, yaitu Startup dan Perusahaan. Untuk startup lebih cocok buat yang memilih konsentrasi RPL karena biasanya mengerjakan suatu project yang memiliki deadline dan suka challenge/tantangan. Selain itu, waktu kerjanya fleksibel namun deadline harus terpenuhi. Sedangkan untuk perusahaan lebih cocok buat yang memilih konsentrasi RSI karena biasanya berkaitan dengan data seperti data mining &data warehouse. Biasanya waktu kerja mengikuti waktu kerja kantoran. “Saat melakukan KP, pada minggu pertama biasanya masih perkenalan, minggu kedua baru mulai kerja dan diberikan tugas oleh senior ataupun pembimbing disana. Kebetulan disana saya juga bertemu senior yang merupakan  alumni-alumni DTETI yang kerja disana. Setelah selesai KP ada waktu sekitar 2 bulan untuk mempersiapkan laporan KP dan melakukan seminar KP.” kata  mba Dilla.

Sesi sharing dan tanya jawab yang terakhir dilanjutkan oleh Tri Wahyu Utomo. Ia membagikan informasi terkait tips memilih tempat KP, yang pertama yaitu pilihlah tempat KP yang sesuai dengan passion masing- masing. Yang kedua, cari tempat yang menantang agar kaya akan pengalaman. Yang ketiga, jangan lupa untuk tetap memperhatikan lokasi dan pilihlah  akses yang mudah dijangkau. Yang keempat, mengajak teman untuk KP ditempat yang sama.  “Saran saya ketika melakukan KP, jangan jadi pendiam dan aktiflah bertanya, cari kenalan sebanyak-banyaknya, segera selesaikan tugas jangan ditunda-tunda, dan yang terpenting jangan lupa bahagia agar tidak stress ataupun jenuh.” tambahnya lagi .

Setelah sesi sharing dan tanya jawab dilanjutkan dengan sesi foto dan pemberian sertifikat sebagai tanda kenang-kenangan. Dan acara pun ditutup oleh MC. Diharapkan kegiatan ini mampu meningkatkan wawasan mahasiswa agar nantinya mengetahui alur pengajuan kerja praktek dan dapat mempersiapkan agar KP yang akan dilaksanakan berjalan dengan baik dan lancar.

Oleh : Syifa Nisrina