Technocorner UGM 2019 merupakan acara nasional bertemakan teknologi yang mengusung tema “Mempersiapkan Teknologi Nasional Menuju Revolusi Industri 4.0” yang dipersembahkan oleh Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada bersama dengan Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknologi Informasi.

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 9 dan 10 Maret 2019 ini diharapkan dapat memberi manfaat baik langsung maupun tidak langsung, untuk mendorong peningkatan kreativitas dan inovasi bagi pelajar dan mahasiswa Indonesia, khususnya di bidang teknologi dengan mengutamakan persiapan menghadapi revolusi industri.

            Dalam acara yang berlangsung selama dua hari tersebut, Technocorner 2019 menyelenggarakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari Seminar Nasional, Electrical Engineering Competition, IoT Development Competition, Sumobot Competition, Soccerbot Competition, dan Machbot Competition.

Pada hari pertama, telah terselenggara Seminar Nasional yang mengangkat tema Computer Vission dengan tagline See a Better World through a Better Eye di ruangan 2.1 KPFT UGM dengan total peserta dan tamu undangan yang hadir pada seminar nasioal tersebut mencapai 279 peserta. Seminar ini telah menghadirkan empat pembicara ternama diantaranya Dr.Eng. Igi Ardiyanto, S.T., M.Eng. selaku peneliti dan Staff Akademik di Universitas Gadjah Mada , pembicara kedua yaitu Yos Vincenzo selaku Chief Growth Officer (CGO) dari PT. Microsoft Indonesia, pembicara ketiga yaitu, Alfred Boediman selaku vice President of Samsung R&D Institute Indonesia dan yang terakhir adalah Faris Rahman dari Chief Technology Officer (CTO) dan Co-Founder PT Nodeflux Teknologi Indonsesia. Kegiatan seminar ini juga semakin dimeriahkan oleh adanya seminar kit dari Microsoft Indonesia dan juga sejumlah hadiah yang dibagikan oleh Domainesia melalui penyelenggaraan kuis online yang berhadiahkan merchandise menarik dari pihak Domainesia dan seminar kit tambahan dari Microsoft Indonesia.

            Selain seminar nasional, pada hari pertama juga telah terselenggara dua cabang lomba robotik yang terselenggara di arena selasar barat KPFT UGM. Kedua cabang lomba robotik ini yaitu Sumobot Competition dan Soccerbot Competition. Sesuai dengan namanya, kedua cabang lomba robot tersebut merepresentasikan kegiatan olahraga sumo dan sepak bola sebagaimana mestinya dan terbuka untuk umum dari beragam usia mulai dari SD hingga jenjang perkuliahan.

Pada perlombaan soccerbot competition ini diperoleh juara pertama Tim Adept dari SMK Pelita Nusantara 2 Semarang, juara kedua diraih oleh Tim Pandanaran Bot dari MTS Sunan Pandanaran dan juara ketiga diraih oleh Tim Elang Jawa 01 dari SD Muhammadiyah Karangwaru, dan untuk best design dimenangkan oleh Mandaku 02 dari MAN 2 Kulon Progo.

Sedangkan untuk perlombaan sumobot competition, didapatkan juara 1 berasal dari Tim Gatax Cyber dari Universitas Negeri Yogyakarta, Juara 2 diraih oleh Tim HEXA dari Universias Amikom Yogyakarta. Lalu juara 3 diraih oleh Tim Microwar dari Universitas Gadjah Mada, dan untuk juara Harapan di raih oleh Tim Zen dari Universitas Negeri Yogyakarta.

            Dalam hari yang bersamaan, juga telah terselenggara Electrical Engineering Competition yang dilaksanakan di area Gedung Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi FT UGM. Pada hari pertama ini, terselenggara penyisihan 15 tim untuk mendapatkan hanya 4 tim yang bisa lolos ke tahap final. Kegiatan yang diselenggarakan yaitu pengerjaan soal di ruang E6 DTETI FT UGM yang meliputi mata pelajaran matematika, fisika dan computer. Selanjutnya, diadakan tour lab disertai dengan pengerjaan soal di tiap laboratorium yang dikunjungi. Sejumlah laboratorium yang dikunjungi seperti laboratorium Artificial Intellegence, Instalasi, Jaringan Komputer, Sistem Digital dan Elektronika Dasar dan diselenggarakan pengerjaan soal di setiap kunjungan tim di tiap laboratorium yang ada.

Selanjutnya pada hari kedua, kegiatan yang diselenggarakan yaitu cabang lomba robotik ketiga, yaitu Machbot Competition. Kegiatan ini terselenggara di selasar barat KPFT UGM. Machbot Competition merupakan suatu kreasi cabang lomba robotik yang mempertandingkan dua tim di satu pertandingan. Satu tim hanya memiliki satu buah robot yang mana robot harus dikendalikan secara manual dan otomatis.

Dari hasil perlombaan, didapat juara 1 berasal dari Tim DRRC_M1 dari Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan, Juara 2 diraih oleh Tim YPF Razis dari Universias Dian Nuswantoro (UDINUS). Lalu juara 3 diraih oleh Tim DRRC_M2 dari Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan, dan untuk juara Best Design di raih oleh Tim DRRC_M2 dari Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan.

Selanjutnya kegiatan final dari kegiatan Electrical Engineering Competition juga telah terselenggara di Gedung Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi FT UGM dimana kegiatan praktikum dan presentasi menjadi babak terakhir yang harus dijalani. Hingga pada akhirnya Tim Maju Jalan dari SMA Taruna Nusantara keluar sebagai juara pertama, kemudian disusul Tim Mikus dari SMA N 1 Yogyakarta sebagai juara kedua, Tim Royal Matador dari SMA N 1 Trenggalek sebagai juara ketiga, dan Tim Pantang Mencontek dari SMA Taruna Nusantara sebagai juara harapannya.

Kegiatan lomba yang terakhir adalah kegiatan Internet of Things Development Competition yang juga diselenggarkaan di Gedung Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi FT UGM. Sebanyak 10 tim yang lolos babak penyisihan online melalui penilaian gagasan ide di proposal dan video, hadir dalam kegiatan hari itu untuk dapat memresentasikannya secara langsung dihadapan dewan juri yang berasal dari PT. Jakarta Propertindo yang telah bekerjasama sebagai salah satu pihak sponsorship pada kegiatan Technocorner 2019. Kedua orang tersebut yaitu Bapak Yudianto dan Bapak Gunung Kartiko dan juga Bapak I Wayan Mustika selaku dosen dari Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi FT UGM.

Pemenang dari cabang lomba IoT Development Competition yaitu juara pertama diraih oleh Tim Creative Station dengan nama karya Smart Gas, lalu juara kedua diraih oleh raih oleh Tim Doa Ibu dengan nama karya INTLegent, dan yang terakhir juara ketiga diraih oleh Tim DANIEL dengan nama karya SGAP-Smart Google for ALS Patient.

Kegiatan Technocorner 2019 ditutup dengan serangkaian closing ceremony yang dilaksanakan di Selasar Barat KPFT UGM disertai dengan pengumuman juara dari beragam lomba yang telah terselenggara, serah terima hadiah lomba yang juga dipersembahkan oleh Domainesia untuk juara pertamanya sebagai salah satu sponsor dalam kegiatan Technocorner 2019.

Yogyakarta, 21 Maret 2019

 

 

 

 

Ratna Fitri A. P. W.