Training HRD and Organization (THANOS) diadakan pada Sabtu, 7 April 2018, bertempat di ruang kesekretariatan Cendekia Teknika FT UGM. Training HRD yang diikuti oleh seluruh staf Biro Pengembangan Organisasi KMTETI 2018 ini bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan keorganisasian, khususnya profesionalitas menyangkut tugas dan fungsi Biro Pengembangan Organisasi.

 

 

 

 

 

 

 

Sesi pertama diisi oleh Alian Fathira Khomaini, Direktur Biro PSDM BEM KMFT UGM 2017, dan saat ini menjabat sebagai Ketua BEM KMFT 2018. Materi yang disampaikan yaitu mengenai fungsi PSDM dan PO, bagian-bagian dalam organisasi yaitu manusia beserta sistem, menentukan SMK (Standar Mutu Kaderisasi), menentukan output dari tiap kader organisasi, langkah untuk menjadi problem solver di suatu organisasi, dan bagaimana menerapkan profesionalisme berbasis kekeluargaan. Setelah penyampaian materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan penyerahan sertifikat yang oleh Ketua Biro PO KMTETI 2018.

Kemudian, dilanjutkan penyampaian materi kedua oleh Muhammad Ghoza Asyari, Ketua Biro PSDM KMTNTF 2017. Pada sesi ini disampaikan materi mengenai profesionalitas dalam berorganisasi, langkah untuk menumbuhkan integritas sebagai staf Biro PO, dan kiat untuk mengembangkan kemampuan dasar Human Resource Development. Sesi ini juga diikuti dengan tanya jawab dan penyerahan sertifikat.

Sesi terakhir yaitu Forum Group Discussion antar staf Biro PO KMTETI yang membahas mengenai materi yang telah disampaikan sebelumnya serta kaitannya dengan keadaan KMTETI sekarang.

 

Yogyakarta, 9 April 2018

 

Aulinka Ihza Putri