Workshop and Job Hunting Preparation diadakan dalam rangka pembekalan bagi para wisudawan sebelum acara pelepasan berlangsung. Acara yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 19 Februari 2018 lalu menghadirkan pembicara dari ECC UGM yaitu Gita Aulia Nurani, M.Psi., Psikolog.

 

 

 

 

 

Sebenarnya workshop ini terbuka untuk mahasiswa angkatan berapapun. Namun, memang dikhususkan untuk para calon wisudawan dan wisudawati. Sekitar 15 peserta menghadiri workshop yang berlangsung dari jam 09.00 WIB hingga 12.00 WIB yang bertempat di Ruang Sidang lt.3 gedung DTETI FT UGM.

Rangkaian acara dibuka oleh Bapak Sony selaku perwakilan dari Bu Silmi Fauziati dan Bapak Prapto yang berhalangan hadir. Setelahnya, langsung diisi oleh Mbak Gita dengan pembawaannya yang ramah dan dapat menghidupkan suasana. Candaan serta  pertanyaan santai mengenai pengalaman recruitment jobs dan CV pun membuka topik workshop siang itu. Terdapat dua calon wisudawan yang sudah mempunyai pengalaman dalam reqruitment. Selain menjadi karyawan, banyak dari mereka juga sudah membangun usaha dan berkeinginan melanjutkan karir menjadi wirausahawan.

Topik yang dibawakan pun berupa tips and trik dalam menghadiri wawancara juga fakta-fakta tenang bagaimana perusahaan menyaring para job seeker. Tak hanya pembekalan materi saja tapi juga dilakukan Forum Group Discussion ( FGD ) juga Psikotest diakhir sesi. Pembahasan tentang pembuatan Curriculum Vitae ( CV ) pun kembali di singgung untuk menyegarkan pikiran karena memang sudah pernah dibahas di sesi kuliah yang lain.

Beberapa hal yang di cari oleh perusahaan dari seorang lulusan sarjana adalah integrity, critical thinking, solving, adaptability, interpersonal skill dan communicatiol. Jika dalam ranah technical mereka menginginkan beberapa hal seperti kemampuan Multi Language, Data Analytic, Digital dan Informatic. Namun Mbak Gita mengatakan bahwa hal yang paling disoroti adalah soal Integrity.

Workshop ini pun berakhir pukul 12.00 WIB dan akan langsung dilanjutkan sesi pelepasan pada tanggal 21 Februari 2018 besok.

 

Ditulis oleh : Jihaan Nadhiya Almaas