Workshop Robotika TECHNOCORNER 2019 merupakan rangkaian kegiatan dari Technocorner 2019 yang diselenggarakan oleh divisi Workshop Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakutas Teknik Universitas Gadjah Mada. Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan wawasan baru dan pengenalan mendasar  mengenai robotik, serta meningkatkan antusiasme masyarakat luas khususnya siswa/i SD, SMP, maupun SMA di lingkungan sekitar kota Jogjakarta.

 

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 11-12 Januari 2019. Rangkaian kegiatan ini merupakan workshop untuk SoccerBot dan MachBot . Kegiatan workshop ini juga disesuaikan dengan perlombaan dalam acara Technocorner 2019 untuk menunjang peserta dalam mengikuti perlombaan di bulan maret nantinya.

Workshop SoccerBot untuk membuat robot soccer dilaksanakan di ruang TD Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakutas Teknik Universitas Gadjah Mada dengan peserta dari siswa SD maupun SMP di lingkungan Yogyakarta. Pada hari pertama Jumat, 11 Januari 2019 dilaksanakan pada pukul 13.00-15.00. Sedangkan pada hari kedua Sabtu, 12 Januari 2019 dilaksanakan pada pukul 08.00-10.00. Rangkaian acara ini dibuka oleh MC yaitu Allan Tabriez Rosyada dan Rafi Ramadhana Ardianta. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari divisi teknis robotik Technocorner 2019 yaitu Danang Primayogi dan Dwi Novarifanto. Pemaparan materi menjelaskan mengenai aturan dan bahan dalam pembuatan robot soccer ini, serta melakukan praktik langsung dengan setiap anak mencoba robot yang telah disediakan. Sebagai penutup dengan sesi tanya jawab dan penjelasan lebih mengenai pendaftaran lomba soccer robot Technocorner 2019.

Workshop Machbot dilaksanakan di ruang E2 Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakutas Teknik Universitas Gadjah Mada dengan peserta dari siswa/i SMA di lingkungan Yogyakarta. Pada hari pertama Jumat, 11 Januari 2019 dilaksanakan pada pukul 13.00-15.00. Sedangkan pada hari kedua Sabtu, 12 Januari 2019 dilaksanakan pada pukul 08.00-10.00. Rangkaian acara ini dibuka oleh MC yaitu Kartika Eka Putri dan Fajar Tri Wardhana. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari divisi teknis robotik technocorner 2019 yaitu Adam Rionaldo dan Arrafly Dori. Pemaparan materi menjelaskan mengenai aturan dan bahan dalam pembuatan machbot adapun penayangan video menganai permainan yang akan dimainkan selama perlombaan, serta melakukan praktik langsung dengan setiap anak mencoba robot yang telah disediakan. Acara selesai dengan informasi lebih lanjut mengenai lomba machbot Technocorner 2019.

Yogyakarta, 12 Januari 2019

 

Damasari Trikurniawati