Sertijab_1.jpg

Nourma Reizky D – Infokom

Untuk mengawali kepengurusan KMTETI periode 2015, Departemen Pengembangan Organisasi (PO) mengadakan acara Upgrading 1 yang bertempat di E3 pada Minggu (15/2). Acara yang sekaligus merangkap Musyawarah Besar ini, menghadirkan dua pembicara yaitu Irma Kurnia Utami (TI 2011) dan Alfian Harfin Preastanto (TE 2010). Kedua pembicara menjelaskan mengenai cara untuk bisa bertahan dan menjadi anggota suatu organisasi yang baik sesuai dengan tema “Membangun Karakter, Komitmen dan Kekeluargaan dalam KMTETI”.

Pada sesi pertama, Irma menjelaskan mengenai karakter dan komitmen. Karakter perlu diperhatikan dan perlu dimengerti, terutama bagi para pemimpin. Karena seorang pemimpin perlu mengerti semua karakter dari para anggotanya. Apabila tidak dapat menempatkan seseorang sesuai dengan karakternya, maka permasalahan yang akan timbul adalah ketidaknyamanan. Hal tersebut bisa berdampak terhadap kurang maksimalnya ketika bekerja dalam suatu organisasi.

Buatlah diri kita nyaman dengan orang lain melalui eksistensi masing-masing di organisasi serta mengenali potensi diri dan melakukan pekerjaan sesuai potensi kita. Dengan itu, kita dapat mencintai organisasi yang kita ikuti sekarang. Mencintai organisasi merupakan hal yang penting, karena cinta terhadap organisasi merupakan akar dari sebuah komitmen yang kuat. Komitmen yang kuat akan menumbuhkan konsistensi dalam diri terhadap organisasi. Ada dua hal yang perlu digaris bawahi, bahwa cinta dan nyaman adalah unsur dari komitmen yang kuat.

Lalu apa hubungan rasa nyaman atau rasa memiliki dengan kekeluargaan? Kekeluargaan dan rasa memiliki merupakan proses sebab akibat yang saling mempengaruhi, seperti yang dijelaskan oleh Harfin pada sesi kedua. Jika seorang anggota memiliki rasa memiliki yang tinggi, maka akan melakukan suatu pekerjaan tanpa pamrih. Kekeluargaan menjadi dasar dalam menyelesaikan suatu pekerjaan dari organisasi dengan cara saling membantu dan tanpa pamrih. Hal tersebut sangat penting untuk memajukan suatu organisasi. Disitulah peran karakter, komitmen dan kekeluargaan sebagai tonggak dari suatu organisasi yang kuat.

Setelah mendengarkan sesi motivasi dari Irma dan Harfin, acara dilanjutkan dengan musyawarah besar dan serah terima jabatan PH KMTETI Periode 2014 kepada PH KMTETI Periode 2015. Acara ini sebagai akhir kepengurusan PH KMTETI Periode 2014 sekaligus awal dari kepengurusan PH KMTETI 2015. Dengan adanya acara ini, diharapkan kita semua dapat meningkatkan komitmen, rasa kekeluargaan dan lebih mengerti tentang pentingnya karakter, sehingga kedepannya kita dapat membangun KMTETI menjadi sebuah organisasi yang lebih baik dan semakin maju dalam berbagai aspek.

Sertijab_2.jpg

Berikut adalah struktur Pengurus Harian KMTETI Periode 2015:

Struktur PH 2015.png