Riries Denia Gupita – Infokom

Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (JTETI FT UGM) berkesempatan untuk mengadakan sharing dengan Alumni Teknik Elektro UGM ‘90 yang merupakan rangkaian acara Reuni Perak Teknik Elektro Angkatan 1990.

Dalam sharing yang dilaksanakan di Ruang Sidang, Jumat (15/05), dihadiri oleh lima pembicara, yaitu Bakrun Rusyadi, S.T., PMP(TPM RAN Ericsson Indonesia), Indra Hidayat Sani,S.T. (Direktur Operasi & Teknik IPC TPK), Noor Utomo, S.T.(Ass General Manager Production Lithium Battery), M. Darul Trimadyanto, S.T.(2G/3G Customer Experience Test & Tuning Strategic Team Leader di Ericsson Indonesia, serta Riyadi Hartono, S.T., M.T. (Head of Network Planning di PT Indosat M2).

Dalam sesi sharing ini, para pembicara memaparkan beberapa pokok materi yaitu mengenai industri teknologi dan tantangan yang dihadapi untuk kedepannya. Bapak Indra Hidayat membagi pengalamannya semasa dia bekerja di IPC TPK. Beliau mengatakan bahwa ilmu yang dipelajari tidak hanya akademik saja, tetapi pengalaman dalam berorganisasi juga penting. Buatlah teman sebanyak-banyaknya dan bangunlah jaringan agar mudah dalam bekerja nantinya. Tidak apa jika kita bekerja tidak sesuai dengan bidangnya, yang penting adalah passion yang dimiliki dalam bekerja.

Pembicara selanjutnya, Bapak Noor Utomo memberikan sharing mengenai tempat beliau bekerja. Beliau mengatakan bahwa di tempatnya bekerja ditanamkan sifat 5S yaitu Seiri (Pemilahan), Seiton (Penataan), Seiso (Pembersihan), Seiketsu (Perawatan), dan Shitsuke (Pembiasaan). Beliau mengajak para mahasiswa agar menanamkan sifat disiplin, ulet, giat, serta konsisten untuk membentuk karakter diri yang lebih baik. Selain itu, Beliau juga mengatakan bahwa pentingnya mahasiswa menguasai Bahasa Asing agar mudah dalam bekerja.

Lain lagi dengan Bapak Riyadi Hartono, yang menyampaikan mengenai persiapan yang harus dilakukan oleh para mahasiswa sebelum melamar pekerjaan. Mahasiswa harus mengerti filosofi materi kuliah yang diberikan, serta diperlukan metode yang tepat dalam belajar agar lebih mudah dimengerti. Mengenai industri teknologi dan tantangan mendatang beliau mengatakan bahwa untuk beberapa tahun kedepan semua akan bergeser ke OTT (Over the Top), atau penyampaian konten melalui infrastruktur jaringan. Selanjutnya, Bapak Bakrun Rusyadi, menyampaikan mengenai 4G LTE di Indonesia. Beliau menjelaskan bagaimana keadaan 4G LTE di Indonesia dan challenge yang akan dihadapi oleh LTE di Indonesia untuk beberapa tahun kedepan.

Di sela-sela sharing pembicara juga membagikan doorprize menarik bagi para mahasiswa yang berhasil menjawab pertanyaan tersebut. Yang menariknya adalah doorprize utama dari acara ini adalah sebuah handphone yang sudah dapat menggunakan LTE. Mahasiswa dan mahasiswi pun menjadi semakin antusias dalam menjawab pertanyaan.

Dengan adanya sharing dari Alumni, JTETI FT UGM berharap agar acara sharing bersama Alumni dapat memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa-mahasiswi, terutama dalam mengenal perkembangan di dunia kerja nantinya.