Short Course merupakan salah satu acara yang diselenggarakan oleh BSO MAGATRIKA di Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Acara ini diselenggarakan hari Sabtu, 3 Oktober 2015 di ruang E6. Short Course ini merupakan salah satu acara terbuka yang dikemas dalam bentuk kuliah umum mengenai proteksi, single line diagram sistem dan hal-hal lain mengenai ketenagaan. Acara ini dihadiri oleh sejumlah mahasiswa baik internal maupun eksternal dengan pembicara Rizky Ridho dari Krakatau Posco dan Hugo Nandian dari Schneider Electric. Beliau menjelaskan mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan ketenagaan seperti Relay Coordination, Relay Characteristic Curve, Coordination Time Interval Relay, Circuit Breaker, Disconnecting Switch, Proteksi Trafo dan beberapa solusi untuk mengatasi permasalahan di lapangan. Beliau juga membahas bahwa semua kegagalan dalam trafo akan menimbulkan kebakaran dan ledakan, apabila hal tersebut terjadi kita tidak boleh menyiramnya atau mencoba memadamkan dengan liquid maupun gas CO2 tetapi dengan membiarkannya padam dengan sendirinya karena hal tersebut sangat berbahaya. Kegagalan trafo tersebut mayoritas karena primary protection yang gagal.

Dalam Short Course ini pula banyak para peserta yang memberikan pertanyaaan seperti “Apakah terdapat standar proteksi?” dan beliau pembicara menjawab bahwa terdapat standar proteksi seperti SCADA yang berpengaruh dengan relay dan DS (Disconnecting Switch) yang tidak boleh digunakan sendiri untuk mengamankan short circuit tetapi harus ditopang oleh CB (Circuit Breaker).

Short Course yang dikemas dalam kuliah umum ini memiliki banyak manfaat untuk para peserta yang datang, selain itu acara ini pun telah diawasi dan dihadiri oleh Bapak Sarjiya selaku Ketua DTETI dan Bapak Harnoko selaku Dosen DTETI. Acara kuliah umum ini disponsori oleh Laresolo Tea House, Masmakan.com, Yamie Bakso Mas ChunChun, Ayam Geprek Mahasiswa, Snack Explorer, D’ Shoes Company.

Sambutan oleh Pak Sarjiya
1

Sambutan Pak Harnoko selaku dosen teknik proteksi
2

Sambutan oleh ketua magatrika oleh saudara Dipta
3

Moderator Saudara Wijaya
5

Pembicara Saudara Rizki
7

Pembicara Saudara Hugo
6

Pemberian hadiah dari sponsor
8

-MAGATRIKA-