Rara Priska Yuniar – Infokom

Jum’at (15/05), Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi kembali mengadakan Studium Generale (SG) yang diisi oleh tiga pembicara, yakni Ami Fauzijah, S.T., M.T. selaku teacherpreneur (pendiri, guru, kepala sekolah dan tim penjamin mutu di lingkungan Muhammadiyah Mojokerto); Bakrun Rusyadi, S.T., PMP selaku TPM RAN (Total Project Manager- Radio Acces Networks) Ericsson Indonesia; dan Arianto Muditomo, S.T.,M.M. selaku Branch Manager – Bank BNI Cabang Yogyakarta.

Berbeda dengan SG di minggu-minggu sebelumnya, SG kali ini termasuk dalam rangkaian acara reuni perak angkatan 90-an sehingga banyak doorprize yang dibagikan kepada para peserta. Terdapat 2 tema yang dihadirkan, yakni “Leadership” yang disampaikan oleh Ami Fauzijah dan “Working with Plus-Plus Performance Team” yang disampaikan oleh Bakrun Rusyadi dan Arianto Muditomo.

Ami Fauzijah memaparkan Leadership merupakan sebuah bakat namun bisa dilatih dengan cara bersikap dan bertindak sebagai pemimpin. Kuncinya adalah intelektual dan pandai mengatur emosi. Beliau tidak hanya mengutarakan materi, namun mengajak peserta SG untuk merilekskan diri sejenak dengan menyanyi dan menari. Hal tersebut tidak hanya sekadar untuk hiburan, namun terdapat arti bahwa seseorang yang malu maka dirinya kurang memiliki sikap pemimpin.

Dengan tajuk “Working with Plus-Plus Performance Team”, Bakrun Rusyadi menjelaskan bagaimana cara untuk mewujudkan tim yang ideal. Begitu banyak tim-tim yang gagal dikarenakan tidak memiliki tujuan yang jelas, kurangnya kepercayaan pada sesama rekan tim dan harus ada kader.

Dikarenakan kuliah umum telah berlangsung selama 3 jam, Arianto Muditomo terpaksa tidak bisa menyampaikan materi, namun beliau menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa-mahasiswa JTETI mengenai cara mewujudkan teamwork yang ideal.