Pada 29 Maret dan 5-6 April 2014, Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (KMTETI FT UGM) menyelenggarakan Technocorner 2014, The Biggest Technological War yang merupakan salah satu agenda tahunan terbesar KMTETI FT UGM.

Acara perdana dilaksanakan pada 29 Maret 2014 yaitu Seminar Nasional dengan tema “Post PC Era”. Post PC Era menyatakan keadaan setelah masa perkembangan PC. Semakin lama teknologi terus berkembang dan kemudian PC semakin ditinggalkan. Orang-orang mulai beralih ke gadget atau smartphone mereka. Seminar Nasional dengan tema Post PC Era ini menghadirkan tiga pembicara, yaitu Ferro Ferizka dari IBM ASEAN Technology Professional, Andy sebagai co-founder Educa Studio, dan Yuanda Bhima dari Aino Indonesia.

Seminar Nasional (2)

Andy dari Educa Studio menyampaikan dalam presentasinya bahwa orang-orang lebih memilih gadget dan smartphone dikarenakan dari segi mobilitas dan ukuran. Ferro Ferizka dari IBM ASEAN Technology Professional menyatakan bahwa sekarang manusia telah menemukan sebuah benda yang kinerjanya sama dengan PC seperti smartphone yang berukuran kecil dan dapat dibawa kemana-mana. Yuanda Bhima dari Aino Indonesia sebagai pembicara terakhir memaparkan materi tentang SmartCard dan E-money yang merupakan produk hasil pengembangan di Aino. Sebuah inovasi yang awalnya hanya kartu biasa sekarang bisa digunakan untuk multifungsi. Contohnya yaitu kartu Trans Jogja yang bisa diisi ulang dan diperpanjang secara otomatis.

Pada hari kedua, 5 April 2014, diselenggarakan semifinal Software Development Competition dengan jumlah peserta 10 tim dari seluruh Indonesia yang telah lolos dari tahap seleksi pada 2-19 Maret 2014. Pada semifinal kali ini diambil 5 tim terbaik untuk melaju ke babak final. Selain itu, diselenggarakan pula babak penyisihan Line Follower hingga 32 besar. Technocorner 2014 ini juga menggelar Techno Expo yaitu pameran teknologi karya mahasiswa UGM.

SDC-Semifinal (7)

LFC-Penyisihan (2)

TechnoExpo (1)

Ketiga perlombaan ini sampai di tahap grand final pada 6 April 2014. Di cabang Electrical Engineering Competition (EEC) ada SMAN 2 Purwokerto sebagai Juara 1, SMA Kesatuan Bangsa sebagai Juara 2 dan SMAN 1 Yogyakarta sebagai Juara 3. Di cabang Software Development Competition ada Stairway Studio dari UGM dengan project Bubblebum sebagai Juara 1, Udiksha dari Bali dengan project Game Jegong Berbasis Android sebagai Juara 2 dan Linda dengan project Linda Your Personal Assistant. Sedangkan di cabang Line Follower Competition berhasil mengukuhkan Panzer001 sebagai Juara 1, Mikroton 3 sebagai Juara 2 dan Mikroton 2 sebagai Juara 3 dan Mikroton 1 sebagai Best Design.

EEC-Semifinal dan Final (1)

Rangkaian acara Technocorner 2014 resmi ditutup oleh Dekan FT UGM saat Closing Ceremony. Dengan harapan acara Technocorner 2014 akan selalu lebih baik setiap tahunnya serta dapat mencetak sumber daya manusia yang berkompeten khususnya di Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi sendiri.

Closing Ceremony (5)