Prashanti Deviani – Workshop

Workshop Charity adalah sebuah acara amal yang diadakan oleh Departemen Workshop dari Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada. Acara ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 24 Mei 2014 dan mengambil tempat di SD Negeri Ngemplak 2 Sleman.

Dengan tema “Teknologi Sebagai Kunci Kesuksesan Anak Bangsa”, acara Workshop Charity mempunyai satu agenda utama, yaitu memberikan pelatihan di bidang teknologi kepada guru dan siswa-siswi SD Ngemplak 2 Sleman. Sejumlah guru dan murid kelas 4 serta kelas 5 dari SD Negeri Ngemplak 2 mengikuti rangkaian acara ini dengan antusias.

Pada tahun ini, rangkaian acara Workshop Charity dibagi mejadi dua macam pelatihan, yakni pelatihan untuk guru dan pelatihan untuk siswa. Pelatihan untuk guru berisi materi tentang software presentasi Prezi yang bisa diakses melalui internet. Sedangkan untuk siswa, diberikan tiga buah materi pelatihan, yaitu pelatihan Microsoft Office, pelatihan Internet, dan pelatihan Elektro.

Acara dibuka dengan sambutan singkat oleh Kepala Sekolah SD Negeri Ngemplak 2 Sleman dan ketua panitia Workshop Charity. Pelatihan untuk guru dimulai pada pukul 09.00 WIB. Para guru diberi materi mengenai operasi-operasi dasar cara penggunaan Prezi, seperti memasukkan tulisan, gambar, dan bingkai. Pelatihan untuk guru diakhiri dengan proyek pembuatan presentasi dengan Prezi oleh para guru SD Negeri Ngemplak 2 Sleman.

Pelatihan untuk siswa juga dimulai pada saat yang sama. Pada pelatihan Microsoft Office, para siswa diberikan dasar-dasar untuk mengoperasikan dan memanfaatkan Microsoft Office sebagai software pengolah data. Pada pelatihan internet, para siswa diajari berbagai cara mengakses internet untuk mencari informasi. Untuk pelatihan elektro, para siswa dibagi menjadi  kelompok kecil untuk mengunjungi pos-pos permainan. Tiap-tiap pos mempunyai rangkaian percobaan sederhana yang berkaitan dengan ilmu elektro.

Acara Workshop Charity selesai pada pukul 12.00 WIB dan ditutup oleh Kepala Sekolah SD Negeri Ngemplak 2 Sleman. Tidak lupa, sebagai perwakilan panitia, ketua panitia Workshop Charity memberikan sebuah plakat untuk SD Negeri Ngemplak 2 Sleman.