Tujuh orang mahasiswa dari Macquarie University (Omer, Daniel, Evan, Luke, Winston, Nick dan Joel) bersama seorang dosen yaitu Profesor David dan Zak sebagai Project Leader melakukan kerjasama dengan Taman Pintar Yogyakarta selama beberapa minggu kedepan. Kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 2 Juli hingga 15 Juli ini merupakan sebuah workshop mengenai mini robot yang dapat dengan mudah dipelajari khususnya oleh siswa SD dan SMP. Workshop ini menggunakan sebuah mini robot bernama Edison yang diprogram seperti Line Follower. Robot ini menggunakan Software EdWare yang diprogram menggunakan Bahasa Phyton dan antar-mukanya telah dimodifikasi menjadi Bahasa Indonesia oleh Joel. Cara memprogram robot tersebut cukup mudah, hanya dengan melakukan drag & drop pada flow diagram sesuai keinginan, kemudian program tersebut di transfer (upload) ke robot melalui sebuah sensor suara.

Capture.PNG

Setiap harinya, workshop ini dihadari beberapa siswa dari satu SD dan satu SMP di Yogyakarta. Selain mengajarkan pemrograman sederhana, mahasiswa Macquarie University juga membagikan satu unit robot Edison untuk setiap sekolah. Pada tanggal 15 Juli mendatang, akan diadakan pula kompetisi final antar sekolah yaitu membuat robot Sumobot.

Bagi mahasiswa TETI yang tertarik, dapat mengunjungi workshop ini di Taman Pintar hari Senin – Jum’at pukul 09.00 – 12.00