Halo Tetizen! Di Cakap-Cakap kali ini akan ada cerita pengalaman kerja praktik dari Mas Akmalda Seto Triwibowo. Mas Akmal adalah mahasiswa Teknik Elektro 2020 yang melaksanakan kerja praktik di BAKTI Kominfo. Wah, menarik banget kan? Yuk langsung simak ceritanya!

 

  • Memperoleh Info KP darimana

Kami mendapatkan informasi Kerja Praktik melalui tawaran dari pihak BAKTI Kominfo. Kebetulan salah satu anggota tim kami pernah melakukan suatu project bersama dengan tim dari BAKTI Kominfo.

  • Periode KP berapa lama

Kerja Praktik tidak boleh melewati UTS maupun UAS, jadi kami melaksanakan Kerja Praktik tidak lebih dari 7 minggu atau sekitar 1,5 bulan. Pada 18 Oktober sampai 26 November 2021.

  • Persiapan sebelum KP

Tidak banyak persiapan yang kami lakukan sebelum Kerja Praktik, mungkin seperti normalnya, menyiapkan CV, proposal Kerja Praktik, dan surat pengantar dari departemen. Setelah mendapatkan kondirmasi dari pihak perusahaan kemudian kami berusaha untuk banyak mempelajari latar belakang perusahaan. Selain itu juga berusaha mempelajari materi-materi yang relevan terkait topik yang kami ajukan pada proposal, yakni project pembangunan base transceiver station (BTS) 4G.

  • Cerita selama berada di tempat KP (suasananya, suka duka, dll)

Tempat KP kami cukup unik karena merupakan gabungan dari unsur kementerian yang sangat formal serta unsur        BAKTI dengan fungsi project management yang berisi orang-orang professional di bidangnya sebagai konsultan. Jadi kami merasakan iklim kerja di sebuah kantor yang formal serta iklim kerja bersama professional di lapangan. Ditambah lagi kami mendapatkan kesempatan untuk ikut melaksanakan kegiatan monitoring and evaluation untuk salah satu project BTS 4G ini di Biak, Papua selama 7 hari. Sehingga kami juga mendapatkan banyak sekali pengalaman mengawal suatu project teknologi di daerah 3T.

Untuk sukanya, kami mendapatkan banyak sekali pengalaman dan ilmu, terlebih di sana kami dibimbing oleh beberapa mentor yang sudah lama berkecimpung di bidang tersebut. Selain itu kami juga tidak begitu banyak mendapatkan tugas dan cenderung mengamati berbagai kegiatan yang ada dari awal proses project hingga akhir.

Sedangkan dukanya, karena kantor dari BAKTI Kominfo sendiri berada di Jakarta, kami membutuhkan dana akomodasi pribadi untuk berangkat ke lokasi dan sarana tempat tinggal. Selain itu, pekerjaan kami di BAKTI Kominfo juga menuntut mobilitas yang tinggi untuk melaksanakan kegiatan dari tempat ke tempat, gudang ke gudang, dan kantor ke kantor.

  • Sesuatu atau ilmu apa saja yang didapat selama KP

Banyak ilmu yang didapatkan, sebagian besar tidak didapatkan di tempat kuliah. Pertama adalah mempelajari bagaimana iklim di dunia kerja, terutama dalam hal ini pada lingkungan kerja BAKTI sebagai Badan Layanan Umum (BLU) kementertian di Indonesia. Tentu iklim tersebut mengajarkan kita bagaimana menyesuaikan diri dan beradaptasi pada lingkungan kerja yang cukup formal dan menjaga beberapa informasi yang bersifat tertutup atau rahasia. Kedua adalah ilmu terkait project management yang biasanya justru dipelajari oleh mahasiswa dengan program studi manajemen atau teknik industri. Namun, seiring berjalannya waktu, kita sadar bahwa ilmu itu akan sangat relevan dengan pekerjaan mahasiswa Teknik Elektro yang pekerjaannya nanti berbasis project.

  • Saran bagi mahasiswa yang belum dan mau menjalani KP dan motivasi buat mereka (penutup)

Untuk teman-teman yang belum atau mau menjalani kerja praktik, semangat untuk mencari tempat serta menjalaninya nanti. Manfaatkan segala kesempatan yang ada

 

Itu dia Tetizen, cerita pengalaman Kerja Praktik Mas Akmal di BAKTI Kominfo! Keren banget, ya! Pegang baik-baik pesan dari Mas Akmal dan jangan lupa buat baca Cakap-cakap selanjutnya, hanya di Webiste KMTETI. Buat Tetizen yang sebentar lagi akan melaksanakan Kerja Praktik, semangat dan sampai bertemu di episode Cakap-cakap selanjutnya!

Untuk kalian yang ingin membagikan pengalaman Kerja Praktik ke Tetizen, langsung saja kontak pengurus KMTETI divisi Infokom untuk informasi lebih lanjut.

Categories: CAKAP CAKAP

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.