FIND IT! (Future Innovation and Discovery IT) 2022 merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (DTETI FT UGM) bersama Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (KMTETI FT UGM) yang mengangkat tema “Evoverse: Reimagining the World”. Kegiatan ini dilaksanakan pada 28 dan 29 Mei 2022 secara daring melalui platform Zoom dan luring terbatas di ruang ekraf. Kegiatan ini terdiri dari rangkaian kompetisi berskala nasional, yaitu Hackathon, Capture the Flag, Competitive Programming, Data Analytics Competition, dan E-Sports Competition, serta webinar nasional.

Hackathon merupakan kompetisi yang bertujuan mewadahi inovasi anak bangsa dalam bidang teknologi informasi. Hackathon FIND IT! 2022 mengangkat tema “Break Through the Limit: To Digitalization and Beyond”. Aspek yang ada dalam kompetisi ini adalah Hipster (Design and UI/UX), Hacker (Engineer and Developer), dan Hustler (Business and Project Management). Pelaksanaannya terdiri dari babak penyisihan abstraksi, penyisihan proposal, dan final. Sepuluh tim terbaik berhasil maju ke babak final pada 29 Mei 2022. Juri yang dihadirkan adalah Bapak Ainur Rony (CEO at Ngampooz) sebagai juri hacker, Ibu Nindi Kusuma Ningrum (Founder & CEO Ylabs Indonesia) sebagai juri hustler, dan Bapak Fachran Dhani Achmad (Senior Software Engineer at Unicorn) sebagai juri hipster. Juara pertama diraih oleh tim BCC Union dari Universitas Brawijaya, juara kedua oleh tim BCC-DIGORENG DADAKAN dari Universitas Brawijaya, dan juara ketiga oleh tim Introvert Squad dari Telkom University.

Competitive Programming merupakan kompetisi yang bertujuan menguji kemampuan berpikir logis peserta dalam menyelesaikan masalah yang diberikan dengan bahasa pemrograman C/C++/Java. Pelaksanaannya terdiri dari babak kualifikasi dan babak final. Sepuluh tim terbaik dari perguruan tinggi dan enam dari SLTA maju ke babak final yang dilaksanakan pada 29 Mei 2022. Juara pertama untuk perguruan tinggi diraih oleh tim stack.py dari Universitas Indonesia, juara kedua oleh tim Gan dari Universitas Bina Nusantara, dan juara ketiga oleh tim Enter your team name here dari Universitas Indonesia. Juara pertama untuk SLTA diraih oleh tim Kapanmenang dari MAN 2 Kota Malang, juara kedua oleh Haduh Bingung dari SMA Semesta Semarang, dan juara ketiga oleh Wrong Answer Only dari SMAS Sutomo 1 Medan.

Data Analytics Competition adalah kompetisi yang menguji kemampuan peserta dalam menganalisis big data untuk dapat memberikan solusi dari sebuah permasalahan. Pelaksanaannya terdiri dari babak penyisihan dan babak final. Sepuluh tim terbaik maju ke babak final yang dilaksanakan pada 28 Mei 2022. Juri yang dihadirkan adalah Bapak Canggih Puspo Wibowo (Data Scientist), Bapak Joy Gabriel (Technical Advisor), dan Ibu Nida Inayah (Data & Analytics Consultant). Juara pertama diraih oleh tim Akhirnya Belajar dari Universitas Indonesia, juara kedua oleh tim Amylie dari Institut Teknologi Bandung, dan juara ketiga oleh tim Super Shiro dari Universitas Gadjah Mada.

Capture the Flag (CTF) adalah kompetisi yang menguji kemampuan peserta dalam mencari sebuah informasi berharga tersembunyi menggunakan berbagai teknik pentesting. Kompetisi ini terdiri dari babak kualifikasi dan babak final. Lima belas tim terbaik maju ke babak final pada 28 Mei 2022. Kompetisi babak final dilakukan dengan menggunakan format kompetisi jeopardy style. Juara pertama diraih oleh tim Dicarry yang OSCP dari Institut Teknologi Sepuluh November, juara kedua oleh tim HA↓HA→HA←HA↓HA←HA↑HA↑HA↓HA→HA← dari Universitas Indonesia, dan juara ketiga oleh tim No Rush & Relax dari IPB University.

E-Sports Competition bertujuan untuk mewadahi talenta gamers dan memajukan kualitas e-sports dalam negeri. Juara pertama pertandingan Mobile Legend diraih oleh tim Team Sword, juara kedua oleh tim Jago Pajak, juara ketiga oleh tim Gue Lagi Gue Lagi, dan MVP diraih oleh Extazz25 dari tim Team Sword. Sementara itu, juara pertama pertandingan Valorant diraih oleh tim Jeez, juara kedua oleh tim Candela IV, juara ketiga oleh tim UGM Arceus, dan MVP oleh Vens dari tim Candela IV.

Webinar nasional yang diselenggarakan pada 29 Mei 2022 mengangkat tema “Future Technology: Actualize Imagination Through Digitalization”. Webinar dibuka pada pukul 09.30 oleh Khansa selaku MC, dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Richard Harryson selaku Ketua FIND IT! 2022. Pemaparan materi webinar dimoderatori oleh Naufal Halim selaku mahasiswa konten kreator edukasi di TikTok. Sesi pertama pemaparan materi dari Bapak Poerwiyanto selaku Data Science Manager at Accenture, selanjutnya oleh Bapak Farizky Romadhony selaku CEO dari Lead PPC di Niagara hoster, dan terakhir oleh Ibu Luky Primadani selaku Strategic Designer at Boston Consulting Group (BCG) Platinion, Berlin. Webinar ditutup pada pukul 12.30 oleh MC.

Penghujung acara FIND IT! 2022 adalah kegiatan closing ceremony yang diadakan pada 29 Mei 2022. Kegiatan ini dibuka MC pada pukul 18.00 WIB dan dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua panitia. Closing ceremony terdiri dari pembacaan nominasi dan pemenang kompetisi-kompetisi. Dengan telah diselenggarakannya semua rangkaian acara, FIND IT! 2022 resmi ditutup pada pukul 20.00 WIB, 29 Mei 2022.

Yogyakarta, 2 Juni 2022

 

Agnes Suarna

 

LAMPIRAN

1. Hackathon

 

2. Data Analytic Competition

3. Capture The Flag

4. Competitive Programming

5. E-Sport : Mobile Legend

6. E-Sport : Valorant

7. Webinar

Categories: Press Release

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.