previous arrow
next arrow
Slider

 

Technocorner UGM 2020 merupakan acara nasional seputar teknologi dengan tema Interconnected Technology for Indonesiayang dipersembahkan oleh Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada bersama dengan Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknologi Informasi.

Technocorner 2020 ini dilaksanakan pada tanggal 14 dan 15 Maret 2020 di Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Sleman City Hall, dan Auditorium Sukadji Ranuwiharjo Magister Manajemen FEB UGM. Kegiatan ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat dalam mengembangkan inovasi dan kreativitasnya demi pengembangan teknologi yang saling terkoneksi di Indonesia. Technocorner 2020 terbagi menjadi enam rangkaian acara besar, yaitu Lomba Electrical Engineering Competition (EEC), Lomba MazeBot, Lomba SumoBot, Lomba Internet of Things Development Competition (IoT Dev Comp), Lomba Video Competition, dan Seminar Nasional.

Lomba Electrical Engineering Competition (EEC) merupakan sebuah kompetisi di bidang matematika, fisika, dan komputer. Kompetisi ini dilaksanakan dalam 3 babak, yaitu penyisihan, semifinal, dan grandfinal. 15 tim terbaik akan melaju ke babak semifinal. Kemudian dipilih 3 tim terbaik untuk mengikuti babak grandfinal yang dilaksanakan pada Minggu, 15 Maret 2020 bertempat di Atrium Rama Sleman City Hall. Kemudian didapatkan hasil berikut :

  • Juara 1 : Tim dicarry ferry
  • Juara 2 : Tim Prince Ali
  • Juara 3 : Tim CC A

Kompetisi SumoBot merupakan cabang lomba robot dimana dua robot mencoba saling mendorong keluar satu sama lain dari sebuah lingkaran. Pertandingan lomba SumoBot ini dilaksanakan pada Minggu, 15 Maret 2020 di Atrium Rama Sleman City Hall yang diikuti 56 tim. Setelah perlombaan dimulai, didapatkan hasil sebagai berikut :

  • Juara 1 : Tim MRT WhiteWolf
  • Juara 2 : MRT – Al Mulk
  • Juara 3 : MRT-Qada
  • Juara Best Design : HexaPrime

Lomba Maze Solving Robot adalah lomba menyelesaikan jalur yang telah disediakan untuk mencapai finis dengan waktu tercepat. Waktu yang diberikan untuk menyelesaikan tantangan pada MazeBot ini adalah 180 detik. Lomba MazeBot kali ini diikuti oleh 42 tim. Setelah didapatkan 8 tim tercepat, kemudian dilajutkan dengan babak semifinal, setelah babak semifinal selesai, dilanjutkan dengan perebutan juara 3. Kemudian setelah mendapatkan juara 3, dilanjutkan dengan babak final.  Kemudian didapatkan hasil sebagai berikut :

  • Juara 1 : Tim RR_B Nirvash
  • Juara 2 : Tim RR MEGALODON
  • Juara 3 : Tim Ichibot Zed
  • Juara Best Design : Tim ARJUNA

Internet of Things Development Competition (IoT Dev Comp) merupakan salah satu kompetisi pada Technocorner 2020 yang berfokus pada pengembangan perangkat berbasis Internet of Things. Tujuan dari cabang lomba ini yaitu dapat menghasilkan inovasi- inovasi yang bermanfaat untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Sepuluh tim yang dinyatakan lolos akan mempresentasikan dan mendemonstrasikan karyanya. Pada tahun 2020, Technocorner bekerjasama dengan Grab Indonesia dengan tema “Teknologi Penunjang Pariwisata Yogyakarta”. Acara final dilaksanakan pada Sabtu, 14 Maret 2020 di Ruang Sidang Baru DTETI FT UGM.

Lomba Video Animation Competition Technocorner 2020 (in Collaboration with Grab Indonesia) yang mana merupakan kompetisi lomba pembuatan video animasi mengenai Innovation in Super App for Daily Life yang berada di bawah arahan KMTETI FT UGM.

Rangkaian acara Seminar Nasional yang bertempat di Auditorium Sukadji Ranuwiharjo Magister Manajemen FEB UGM . Seminar Nasional merupakan rangkaian acara dan pembukaan Technocorner 2020. Seminar Technocorner 2020 terbuka untuk umum dan pada hari pelaksanaannya dihadiri sebanyak 197 peserta. Seminar Nasional kali ini bertemakan Conforming Technology for a Better Nation.

Acara dipandu oleh Aqshanda Rafi Firdito dan Kurnia Wisesa Kisna. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua acara Technocorner 2020, Cornelius Chega Chrissando. Selanjutnya, sambutan diberikan oleh bapak Sarjiya sebagai pihak Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi.

Selain itu, sambutan juga diberikan pihak Fakultas Teknik UGM yang diwakili oleh bapak Muhammad Waziz Wildan. Secara simbolis acara ini dimulai dengan pemukulan gong oleh bapak Muhammad Waziz Wildan.

Berlangsungnya acara seminar diserahkan kepada moderator, yaitu Gammario Medi Syahputra. Acara dilanjutkan dengan empat pembicara yang menyampaikan materi sesuai keahlian bidangnya. Pembicara pertama  adalah Dr. Mardhani Riasetiawan, SE Ak, M.T. Beliau merupakan Chief Technology Officer (CTO) dari Widya Analytic. Pembicara kedua yaitu Wisnu Wardoyo dari DANA Indonesia. Pembicara ketiga yaitu Anggoro K. Widiawan selaku Kepala Proyek Satelit PT Telekomunikasi Indonesia. Pembicara keempat yaitu Ariek Wisnu Wibisono dari Grab Indonesia. Sesi tanya jawab diadakan setiap pembicara selesai menyampaikan materinya. Setelah setiap sesi pembicara selesai, panitia Technocorner 2020 melakukan penyerahan sertifikat dan kenang-kenangan untuk keempat pembicara.

 

Yogyakarta, 20 April  2020

 

 

Aimmatul Azra

Categories: NewsPress Release

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *