Sosialisasi Akademik 2018

Telah dilaksanakan sosialisasi akademik pada tanggal 2 Februari 2018 dari pukul 09.00 WIB di ruang kuliah E6 gedung DTETI. Berikut hasil  sosialisasi yang disampaikan oleh pihak departemen :

 

  1. Sistem Penilaian di DTETI
  • Tidak menggunakan kurva distribusi normal, melainkan menggunakan sistem Leveling atau dengan skala konversi nilai yang sudah tetap karena hal ini dinilai lebih objektif.

 

  1. Sistem Penjadwalan Kelas
  • Kelas A dan B pada MKB diadakan pada hari / waktu yang berbeda.
  • Hari UTS / UAS ditentukan menurut MKB kelas A.

 

  1. MK Proposal Skripsi
  • Mulai periode September sistem lama tidak diberlakukan, yaitu: Skripsi 4 SKS + Pendadaran 2 SKS. Sistem baru yaitu Proposal 2 SKS, Skripsi dan Pendadaran 4 SKS
  • Teknis Penilaian Proposal
  • Mahasiswa berkonsultasi dengan calon dosen pembimbing dalam menyusun proposal
  • Setelah mendapatkan persetujuan dosen pembimbing 1, mahasiswa mengunggah ke acadinfo.jteti.ugm.ac.id
  • Proposal akan di review, tanpa melihat hasil review mahasiswa mendownload lembar konsultasi proposal yang harus diparaf oleh dosen pembimbing 1 dan 2 untuk perbaikan proposal.
  • Mahasiswa mengunggah lagi hasil perbaikan proposal
  • Dosen pembimbing memberikan nilai Proposal kepada mahasiswa
  • Acadinfo akan dibuka sepanjang tahun untuk upload proposal
  • Proposal akan direview 3 kali per semester

 

  1. Skripsi dan Pendadaran (4 SKS)
  • Skripsi dan pendadaran merupakan satu kesatuanmata kuliah
  • Nilai akhir MK skripsi dan pendadaran merupakan penjumlahan nilai skripsi dan nilai pendadarandengan bobot masing-masing 50%.
  • Nilai rata-rata akan dikonversi ke dalam nilai akhir pendadaran (didiskusikan)

 

  1. Praktikum
  • Mulai praktikum serentak pada minggu kedua perkuliahan
  • Jam praktikum akan disinkronkan dengan jam perkuliahan, jika berbenturan diskusikan dengan laboran
  • Tidak ada alasan mahasiswa izin kuliah karena praktikum
  • Inhal akan dijadwalkan

 

  1. Sertifikat Pendamping Ijazah
  • Mahasiswa wajib mengikuti kegiatan pelengkap akademik untuk mempersiapkan kompetensi diri.
  • Mahasuswa wajib melaksanakan empat buah kegiatan dari 2 jenis kegiatan yang ada, yaitu:
  • Asisten Praktikum
  • Asisten Tutor / Mata Kuliah
  • Keikutsertaan Lomba terindeks (pada laman sarjana.jteti.ugm.ac.id )
  • Keikutsertaan kepanitiaan departemen ( ICITEE, CITEE, dll )
  • Surat pendamping ijazah dalam bidang non-akademik juga bisa diajukan, namun harus bersifat institusional, yaitu mewakili institusi UGM.
  • contoh: – Juara karate mewakili UGM

namun sebaliknya, walaupun mengikuti bidang akademik namun tidak mewakili institusi UGM, maka tidak dapat mengajukan surat pendamping ijazah.

  • contoh: – Juara lomba robotic mewakili daerah asal (mewakili RT/RW, provinsi,dll)

 

  1. Asprak dan Tutor
  • Pendaftaran sudah di buka di website http://sarjana.jteti.ugm.ac.id/, sampai 7 Februari 2018.
  • Kriteria seleksi yaitu harus memenuhi nilai minimal B- dan jika pendaftarnya banyak, maka akan di seleksi berdasarkan IPK.

contoh: Jika akan diambil 3 orang tutor, mahasiwa X mendapat nilai A/B dan empat mahasiswa V,W,Y, dan Z mendapat nilai B, maka untuk menyisihkan 2 orang mahasiswa diantara V,W,Y dan Z akan diseleksi berdasarkan IPK.

 

  1. Mata kuliah wajib dan pilihan
  • Wajib mengambil matkul sesuai semesternya, jika belum mencapai 144 sks maka harus melengkapi dengan matkul pilihan (bisa diambil dari konsentrasi lain).

 

Semoga bermanfaat dan selamat menempuh semester genap 🙂

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*