(Yogyakarta, 2018) Telkom Day merupakan kuliah umum oleh BSO Telecommers Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (KMTETI FT UGM) yang berkaitan dengan bidang teknologi satelit dan telekomunikasi sehingga para mahasiswa/i dapat menambah wawasan khususnya perkembangan teknologi satelit dan telekomunikasi.

 

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 24 April 2018 pada pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB , yang bertempat di ruang E6 gedung Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi ini bertajuk “Teknologi Satelit dan Internet Broadband Service.” Telkom Day III disampaikan oleh 2 pembicara, Johannes Indri dan Satrio Adiwicaksono dari PT. Pasifik Satelit Nusantara.

Acara yang dihadiri oleh mahasiswa/i DTETI dengan 2 sesi materi ini dimulai dengan pembukaan oleh MC, lalu dilanjutkan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Reinaldo Eva Santoso Lukito selaku Ketua Telkom Day III, kemudian sambutan kedua oleh Bapak Prapto Nugroho, S.T., M.Eng., D.Eng. selaku Sekretaris Program Studi S1 Teknik Elektro. Setelah sambutan selesai dilanjutkan dengan sesi pertama yang disampaikan oleh Bapak Johannes Indri dengan topik Teknologi Satelit yang mengupas tentang rekayasa system satelit, mulai dari pengenalan tentang satelit, jenis-jenis satelit, dan pengembangan satelit terutama di Indonesia. Bapak Johannes Indri juga menyampaikan terkait project satelit yang akan mereka luncurkan.

Kemudian, acara dilanjutkan oleh sesi kedua yang disampaikan oleh Bapak Satrio Adiwicaksono dengan topik layanan internet berbasis satelit. Pada sesi kedua ini Bapak Satrio memperkenalkan Ubiqu, layanan internet berbasis satelit yang disediakan oleh PT. PSN dengan beberapa keunggulan seperti dapat diakses dimana saja di seluruh lokasi Indonesia dan memungkinkan penggunaan layanan kapan saja. Acara ini ditutup dengan doorprize kepada peserta kuliah umum dan penyerahan cinderemata kepada pembicara dan moderator.

 

Yogyakarta, 23 Mei 2018

Lia Normalita