Muhammad Iqbal Ardiansyah – Infokom

Game, istilah yang sudah sering didengar orang – orang. Tidak sedikit yang menggunakan layanan hiburan ini untuk sekedar membunuh waktu. Namun masih banyak orang berpikir game hanyalah sebuah tempat sampah bagi waktu yang berharga untuk hal yang bermanfaat lainnya. Gameloft, salah satu industri pengembang Mobile Game pertama hadir di JTETI FT UGM, Jumat, 24 April 2015 lalu. Bersama Ruben Ramirez, Product Manager Gameloft Indonesia, game menjadi analogi yang menarik dalam menyelesaikan masalah – masalah yang ada.

Membuat game tidak semudah mengatakan bahwa itu tidak ada manfaatnya. Kerja sama tim pengetahuan, kreativitas dan aspek lainnya sangat dibutuhkan di ranah yang satu ini. Problem solving menjadi topik yang menarik dalam Studium General kali ini karena setiap hari, disadari atau tidak, manusia pasti menghadapi masalah, baik besar maupun kecil. Terkadang masalah itu perlu waktu untuk dapat disadari.

Ruben menjelaskan bahwa di dalam membuat game, tidak ada satu orang yang bisa melakukan semua bagian. Hal ini berlaku juga dalam aktivitas lainnya. Pemahaman terhadap masalah itu diperlukan untuk dapat menemukan solusinya. Namun langkah yang paling utama adalah pencegahan. Pencegahan terhadap masalah yang mungkin terjadi membuat seseorang menjadi pribadi yang mau belajar, sedikit demi sedikit menuju yang lebih baik. Ruben juga menceritakan perjalanannya menjadi seorang Product Manager bukanlah perjalanan yang singkat. Kerja sama tim yang bagus, usaha untuk menghormati pendapat – pendapat yang ada, dan penerimaan kritik dengan terbuka mampu menciptakan suasanya pencegahan masalah yang efektif.

“We should know that we are all creative” – Ruben Ramirez

Sebuah masalah mungkin tidak dapat diselesaikan sendirian. Untuk itulah diperlukan kerja sama tim. Setiap individu dalam tim tersebut setidaknya memiliki satu tugas yang ia ahli di sana karena tidak ada yang bisa menganggap bahwa satu individu dapat melaksanakan banyak hal sekaligus. Brainstorming diperlukan untuk mengeluarkan semua ide, hipotesis dari masalah yang ada, atau bahkan solusi yang tidak pernah terpikirnya oleh dirinya sendiri. Melakukan sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan masalah itu, dengan berpikir di luar batas (out of the box, lateral thinking) terkadang juga dapat membuka ranah lain sebagai solusi masalah yang ada.

Studium General kali ini dihibur dengan pemberian suvenir bagi para peserta yang berhasil menjawab tantangan dari Gameloft. Beberapa peserta juga mempresentasikan idenya tentang materi yang telah diberikan dan berhasil mendapatkan suvenir. Acara ditutup dengan foto bersama dengan Ruben dan segenap jajaran pengurus JTETI dan Gameloft.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.