Kegiatan pemilu KMTETI periode 2019 ini diselenggarakan oleh Biro Pengembangan Organisasi Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknologi Informatika Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (KMTETI FT UGM). Acara Pemilu KMTETI terdiri atas beberapa rangkaian kegiatan, mulai dari fit & proper test sekaligus pengumpulan KTM, kampanye dan orasi bagi calon ketua KMTETI, minggu tenang,  pemilihan umum ketua secara langsung, dan penghitungan serta pengumuman calon ketua terpilih.

Fit & proper test  yang dilakukan dari tanggal 15-21 Oktober 2018 merupakan rangkaian acara dimana ketua KMTETI periode 2018 akan memberikan sejumlah tes kepada 3 calon ketua KMTETI sebagai sarana untuk mempersiapkan dan mengenal lebih lanjut mengenai 3 calon ketua. Ketiga calon juga diwajibkan untuk mencari masing-masing 10 KTM dari angkatan 2015-2018 sebagai syarat wajib untuk dapat lanjut sebagai calon ketua KMTETI.

Kampanye yang dilaksanakan pada tanggal 22-31 Oktober 2018 menjadi sarana bagi para calon ketua KMTETI untuk mendapatkan simpati dan memperoleh suara saat Pemilu.

Orasi calon ketua KMTETI dilakukan pada tanggal 30 Oktober dan 2 November 2018, orasi bersifat terbuka dan akan dihadiri oleh angkatan 2015-2018 dan sejumlah dosen sebagai panelis. Ketiga calon ketua KMTETI akan menyampaikan visi & misi, serta akan diselenggarakan sesi tanya jawab oleh hadirin, panelis, bahkan antar calon ketua KMTETI.

Minggu tenang dimulai dari tanggal 3-11 November 2018. Ini merupakan jangka waktu dimana setelah orasi tidak akan ada kegiatan kampanye lagi dan akan dilanjutkan dengan Pemilu.

Acara pemilihan umum akan diselenggarakan selama 3 hari yaitu dari tanggal 12-14 November 2018 dan dilaksanakan secara langsung oleh seluruh mahasiswa S1 aktif Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi yang berasaskan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (luberjurdil).

Acara terakhir dari rangkaian kegiatan ini adalah penghitungan suara pada tanggal 14 November 2018 serta pengumuman bagi calon yang terpilih sebagai ketua KMTETI.

Yogyakarta, 5 November 2018

Sekar Cahyani Afifah Ayjat